Bakteri di Dalam Usus Ternyata Mempengaruhi Berat Badan

DokterSehat.Com – Di dalam usus kita ternyata banyak memiliki bakteri yang memiliki peran besar dalam proses pencernaan. Namun, tahukah anda jika bakteri-bakteri ini juga memiliki peran besar dalam mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, kadar kolesterol tubuh, hingga berat badan kita. Bagaimana bisa bakteri pada usus ini bisa mempengaruhi berat badan kita?

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada

Pakar kesehatan menyebutkan jika usus pada tubuh manusia ternyata memiliki jutaan mikroorganisme yang disebut sebagai flora usus atau mikrobiota usus. Bakteri-bakteri ini dianggap sebagai bakteri baik yang tidak akan mengganggu kesehatan tubuh kita dan bahkan membantu sistem pencernaan tubuh kita sehingga kita pun akan lebih baik dalam menurunkan resiko terkena peradangan, penyakit jantung, dan gangguan pada pencernaan kita.

Yang menarik adalah, setiap orang ternyata memiliki komposisi flora usus yang berbeda-beda dengan jenis bakteri dan konsentrasi yang juga berbeda pada setiap orang. Hal ini ternyata bisa berpengaruh besar pada kecenderungan seseorang terkena penyakit layaknya diabetes, penyakit jantung, hingga obesitas. Ada sebuah fakta menarik yang dikemukakan oleh pakar kesehatan di Belanda yang menyebutkan jika ada 34 jenis bakteri yang ada pada usus dan berpengaruh besar pada indeks massa tubuh kita. Rasio dari pengaruh bakteri pada indeks massa tubuh dan jumlah lemak pada tubuh ternyata bisa mencapai 4,6 persen.

Pakar kesehatan dari University of Chicago; Patricia Ojeda dan Howard Hughes menyebutkan jika makanan apapun yang masuk dalam tubuh kita akan diproses oleh bakteri di dalam usus dan mempengaruhi bagaimana tubuh kita memproses nutrisi layaknya karbohidrat, gula, dan lemak. Tak hanya itu, bakteri ini juga mempengaruhi hormon pada usus yang mepengaruhi nafsu makan dan kecepatan makanan dalam melalui usus. Karena alasan inilah maka bakteri pada usus bisa berpengaruh besar bagi berat badan tubuh kita.