Baking Soda Mampu Menghilangkan Jerawat, Amankah?

manfaat facial wajah
pic credit: zenspa1

DokterSehat.Com– Jerawat adalah kondisi pori-pori kulit tersumbat minyak alami yang diproduksi oleh tubuh sehingga menimbulkan kantung nanah yang menyebabkan peradangan.

Penyumbatan pori-pori ini bisa menyebabkan bakteri tumbuh dan jerawat muncul. Bagaimana mengobati jerawat? Anda bisa mengobati jerawat dengan baking soda, bahan kue ini merupakan obat alami yang populer untuk jerawat dan pencegahan bekas luka. Tapi apakah aman digunakan pada wajah berjerawat?

Jerawat umumnya menyerang wajah tapi juga bisa memengaruhi leher, dada, dan punggung, bahkan di area bokong.

Sementara jerawat biasanya bukan kondisi serius, namun jerawat bisa terasa menyakitkan dan menjengkelkan penderitanya, juga bisa berdampak pada harga diri seseorang yang berhubungan dengan penampilan wajah.

Bagaimana menggunakan baking soda untuk jerawat dan apakah itu memiliki efek samping yang merugikan?

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo
Cara menggunakan baking soda untuk jerawat

Baking soda dapat membantu mengurangi jerawat, mengatasi rasa sakit, dan pembengkakan kulit karena sifat antiperadangan dan antiseptiknya.

Namun, dengan menggunakan baking soda pada kulit tidak banyak direkomendasikan oleh profesional kesehatan, karena bisa mengiritasi kulit dan menghilangkan minyak sebagai pelindung utama pada kulit.

Jika orang memilih menggunakan baking soda untuk mengobati jerawat, yang terbaik adalah tidak menggunakannya setiap hari dan hanya menggunakan beberapa kali.

Orang bisa menggunakan baking soda untuk jerawat dengan berbagai cara, seperti melansir Medical News Today, antara lain:

  • Masker wajah
    Untuk membuat masker wajah, campurkan antara 1 dan 2 sendok teh baking soda dengan cairan pembersih wajah dan tambahkan sedikit air hangat untuk membentuk pasta. Pijat ke area jerawat dan biarkan di kulit selama 10-15 menit sebelum dicuci dengan air hangat.
  • Exfoliant
    Exfoliant atau pengelupasan kulit menggunakan baking sodat. Buat campuran yang sama dengan masker, tapi segera cuci bersih setelah mengoleskan pada area kulit berjerawat. Baking soda juga bisa dijadikan scrub wajah untuk meningkatkan daya pembersihan pori-pori dan menyingkirkan sel kulit mati.
  • Cuci muka
    Untuk mencuci wajah dengan baking soda, tambahkan maksimal dua sendok teh baking soda ke dalam facial wash atau pencuci wajah. Oleskan ke wajah dan bersihkan dengan air hangat.

Baking soda bisa mengeringkan kulit, jadi aplikasikan pelembab segera setelah mengunakan baking soda untuk mencegah kulit kering.

Satiap kali membuka kemasan baking soda, pastikan menutupnya kembali dengan benar untuk menghindari kontaminasi zat lain yang dapat membahayakn kulit Anda.

baking-soda-doktersehat
Photo Credit: leaf.tv

Apakah baking soda efektif untuk mengobati jerawat?

Ada sedikit penelitian tentang apakah baking soda bekerja untuk menghilangkan jerawat, dan banyak profesional kesehatan menyarankan agar tidak menggunakannya.

Alasanya karena kulit memiliki tingkat pH alami antara 4,5 dan 5,5, yang artinya asam. Ini berarti kulit dapat terus menghasilkan minyak sehat yang membuatnya tetap lembap dan terlindungi dari bakteri dan polusi.

Baking soda memiliki tingkat pH 9, artinya basa dan bisa lebih berbahaya bagi kulit. Baking soda dapat memengaruhi tingkat pH kulit, mengurangi produksi minyak yang menyehatkan dan menyebabkan beberapa efek samping buruk.

Efek sampingnya meliputi:

  • Kulitnya sangat kering
  • Permulaan awal kulit keriput
  • Jerawat memburuk
  • Iritasi dan pembengkakan pada kulit
  • Kepekaan terhadap unsur alam seperti matahari

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

Pengobatan lainnya untuk jerawat

Baking soda hanyalah salah satu dari banyak pengobatan di rumah yang bisa mengatasi jerawat. Banyak perawatan alami lainnya lebih aman dan memiliki sedikit efek samping.

Alternatif baking soda untuk jerawat meliputi:

  • Cuka sari apel
  • Tea tree oil
  • Hindari menyentuh wajah
  • Mengikuti diet yang tidak termasuk gula atau pati halus
  • Menghilangkan susu dari makanan
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik