Baikkah Tidur Dengan Posisi Tengkurap?

DokterSehat.Com – Semua orang tentu memiliki posisi tidur favorit yang dianggap paling nyaman bagi dirinya. Namun, beberapa posisi tidur memang diyakini lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa posisi tidur lain. Sebagai contoh, ada anggapan ada anggapan bahwa tidur telentang atau tidur dengan posisi miring ke kiri akan lebih baik bagi kesehatan. Namun, bagaimana jika kita ternyata baru merasa nyaman jika tidur dengan posisi tengkurap? Pakar kesehatan menyebutkan jika tidur tengkurap kurang mendukung kualitas tidur dan bisa menimbulkan sakit punggung. Hanya saja, andai kita merasa baik-baik saja dan nyaman dengan posisi tidur ini, apakah kita perlu mengganti posisi tidur?

doktersehat-sakit-pundak-punggung-Spondilitis-Ankilosa

Pakar kesehatan menyebutkan jika andai kita sudah dalam usia dewasa dan memang sudah terbiasa dengan posisi tidur tengkurap, maka kita tidak akan perlu mengkhawatirkan kondisi kesehatan kita. Namun, andai kita pernah mengalami sakit punggung sebelumnya, ada baiknya kita memang mengganti posisi tidur lain yang lebih baik. Posisi tidur tengkurap ternyata berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman pada area punggung, apalagi bagi mereka yang pernah mengalami sakit punggung.

Tidur tengkurap diyakini mampu membuat area tulang belakang dan punggung bawah mengalami tekanan berlebihan. Karena alasan inilah tidur tengkurap akan sangat tidak nyaman bagi mereka yang mengalami masalah nyeri punggung.

Apakah mereka yang sudah pernah mengalami nyeri punggung sebaiknya tak lagi tidur dengan posisi tengkurap meskipun sebenarnya mereka sudah nyaman dengan posisi ini? Pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika kita tidak perlu melakukannya. Kita bisa meringankan rasa sakit pada punggung tanpa harus mengubah posisi tidur, caranya adalah dengan menempatkan bantal atau guling pada bagian samping perut sehingga posisi tidur kita pun tidak benar-benar murni tengkurap, namun menjadi sedikit miring. Dengan posisi miring yang sedikit miring, maka kita pun bisa meredakan masalah nyeri punggung.