Bahayanya Bertahan Dengan Kecanduan Rokok

DokterSehat.Com – Merokok bisa menyebabkan kecanduan, itu memang benar karena sebagian besar orang yang merokok mengaku jikalau sehari saja tanpa menghisap rokok bagaikan makan sayur yang tidak diberi garam, rasanya ada yang kurang dan bibir pun terasa kurang nyaman.

13

Merokok bisa menjadi wabah menular yang cukup membahayakan karena sekali saja Anda sudah ketagihan, Anda akan sangat sulit untuk melepaskannya. Zat berbahaya yang dikandung oleh sebatang rokok bisa beragam jenisnya, antara lain ada nikotin, tar, karbon monoksida dan zat berbahaya lainnya. Semua zat berbahaya itu dihisap dan masuk melalui tenggorokan, lubang hidung dan sampaj pada paru-paru.

Berikut bahaya merokok yang akan menimpa kesehatan tubuh Anda bila Anda terus menerus bertahan dengan kecanduan merokok :

  • Kanker
    Merokok dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker paru-paru, baik pada pria maupun wanita, tergantung seberapa lama orang tersebut kecanduan merokok. Faktanya mereka yang menjalani kehidupan dengan rokok sebagai teman karibnya memiliki resiko kematian akibat kanker paru-paru sebanyak 23 kali lebih besar bagi pria dan 13 kali bagi wanita. Hasil penelitian juga mengatakan, jika seseorang bukan perokok hidup bersama dengan perokok aktif memiliki resiko tinggi sebanyak 24% untuk mengidap kanker paru-paru.
  • Jantung
    Jantung koroner adalah penyakit kronis yang menjadi salah satu penyakit pembunuh paling besar di Indonesia. Perokok memilki peluang lebih tinggi sebanyak 2-4 kali lebih besar untuk menderita penyakit mematikan ini. Semakin banyak jumlah batang rokok yang Anda hisap dan semakin lama Anda merokok, kondisi jantung akan berubah menjadi semakin parah sehingga menyebabkan timbulnya penyakit jantung hingga stroke.
  • Diabetes
    Bahaya merokok bagi kesehatan juga bisa dilihat dari bertambahnya angka penduduk yang menderita penyakit diabetes. Mengapa hal ini bisa terjadi padahal Anda tidak memiliki garis keturunan yang memiliki riwayat penyakit diabetes? Jawabannya bisa saja karena pola hidup Anda yang buruk, termasuk hobi merokok. Merokok disinyalir bisa menyebabkan komplikasi dari penyakit diabetes yang dialami, seperti penyakit pada mata, jantung, stroke, masalah pada ginjal dan sebagainya.
  • Menyebabkan kebutaan
    Menjadi perokok aktif bisa meningkatkan resiko terjadinya degenerasi makula, yakni penyebab kebutaan yang biasa sering terjadi pada orang dewasa atau lanjut usia. Penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa perokok aktif memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami degenerasi makula yang kemudian akan merusak makula, menghancurkan penglihatan di sentral yang tajam serta merusak pusat retina.
  • Gangguan janin
    Bahaya merokok bagi kesehatan, khususnya kesehatan janin. Anda para ibu hamil yang sangat adiktif dengan rokok sebaiknya mencoba untuk belajar berhenti merokok untuk menjaga kesehatan janin. Selain berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan, para wanita single atau pun sudah menikah dan belum punya anak, akan beresiko mengalami kemandulan akibat dari hobi merokoknya.
Baca Juga:  Ini Dia Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Penyakit dan gangguan kesehatan akibat rokok yang telah disebutkan di atas akan muncul satu persatu dikala usia anda sudah mencapai 50 tahun ke atas atau bisa juga setelah 20 tahun anda terus-menerus menggunakan rokok. Masalah jantung, paru-paru, masalah pernapasan dan masalah kesehatan akibat rokok lainnya akan muncul secara bertahap dan mulai menggerogoti tubuh anda, bahkan akan berakhir dengan resiko kematian.