Bahayakah Terlalu Banyak Berduduk?

Dokter Sehat – Anda seseorang yang banyak melakukan aktivitas dari tempat duduk? Waspadalah karena duduk terlalu lama bisa menyebabkan penyakit.

9

Bahaya duduk terlalu lama :

1. Diabetes
wanita yang terlalu sering duduk rentan terkena penyakit diabetes tipe 2, hal ini juga dapat berpotensi menjadi serangan jantung. Cara mencegahnya adalah dengan beristirahat setiap satu jam sekali dengan berjalan naik turun tangga.

2. Cedera pinggul
Pinggul wanita mempunyai struktur penampang yang lebih luas, hal ini menyebabkan lebih banyak tekanan pada pinggul, lutut dan tulang belakang yang dapat menyebabkan kelemahan dan peradangan pada otot pinggul. Cara mengatasinya adalah dengan mengatur ketinggian kursi yang sesuai sehingga sudut antara punggung dan kaki membentuk sudut 90 derajat.

3. Carpal tunnel syndrome
Carpal Tunnel Syndrome disebabkan oleh terjepitnya syaraf di pergelangan tangan, carpal tunnel syndrome lebih sering terjadi di pergelangan tangan wanita yang berukuran kecil. Sebagai pencegahan, usahakan untuk menggunakan keyboard dengan desain yang ergonomis dan mengetik dengan irama yang bervariasi untuk meringankan tekanan pada pergelangan tangan.

4. Mata kering
Wanita yang sering berkerja menggunakan komputer lebih cenderung menderita peningkatan kelelahan mata, mata manusia tidak dirancang untuk menjaga fokus dan bergerak berulang-ulang di layar komputer. Anda dapat mempraktekkan aturan 20-20-20, setiap 20 detik setiap 20 menit, beristirahatlah dengan melemparkan pandangan sejauh 20 meter.

5. Pembengkakan pembuluh darah
Duduk dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan potensi terkena varises, kondisi ini terjadi hampir sekitar 50% wanita di dunia. Cara mencegahnya adalah gunakan stocking berbahan Lycra yang khusus dirancang untuk mencegah varises, bahan ini akan memampatkan kaki, meningkatkan sirkulasi darah di kaki dan meringankan gejala varises.