Bahayakah Memakai Obat Kumur Yang Mengandung Alkohol?

DokterSehat.Com – Selain melakukan sikat gigi dengan rutin setidaknya setelah makan dan sebelum tidur, untuk membuat kebersihan gigi dan mulut kita juga bisa melakukan hal lain layaknya melakukan flossing gigi atau memakai obat kumur. Penggunaan obat kumur sendiri diyakini mampu membersihkan gigi dan mulut dengan efektif dan mampu mencegah pembentukan plak pada gigi, apalagi jika digunakan setelah makan atau sebelum waktu tidur. Di pasaran, kita bisa menemukan obat kumur yang mengandung alcohol hingga yang tidak mengandung alcohol. Fungsi alcohol pada obat kumur sendiri diklaim mampu melarutkan atau bahkan menjadi antibakteri yang efektif membersihkan tubuh. Di dalam setiap obat kumur, kita bisa menemukan kadar alcohol dari 6 persen hingga 26 persen. Apakah kandungan alcohol ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh?

doktersehat-sakit-gigi-sensitif

Pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan alcohol pada obat kumur ternyata akan sangat efektif dalam menghapus plak pada gigi dan mulut. Kandungan alcohol ini jugalah yang bisa membuat sensasi layaknya lebih bersih, lebih kering, dan cenderung kebas. Sayangnya, jika kita memakai obat kumur dengan kandungan alcohol, air liur juga akan cenderung mengalami penurunan jumlah pada mulut mengingat air liur ini akan ikut menguap bersama dengan kandungan alcohol. Padahal fungsi dari air liur sangatlah penting bagi tubuh. Selain memberikan rasa nikmat saat makan, air liur adalah antibakteri alami bagi rongga mulut dan bisa mempengaruhi kepekaan lidah dalam mengecap makanan.

Jika kita menggunakan obat kumur dengan kandungan alcohol dalam jangka panjang, pakar kesehatan menyebutkan jika kita akan mengalami resiko mengalami perubahan pada sel mukosa yang bisa memicu kanker. Hal ini berarti, meskipun kandungan alcohol akan sangat baik membasmi plak dan bakteri pada gigi dan mulut kita justru beresiko mendapatkan masalah kesehatan jangka panjang. Karena alasan inilah, ada baiknya kita menggunakan obat kumur tanpa kandungan alcohol yang kini juga sudah memiliki teknologi modern yang bisa menjamin kebersihan gigi dan mulut lebih baik tanpa memberikan resiko banyak masalah kesehatan ke depannya.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Insomnia Fatal