Bahaya Vetsi Bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Pada orang dewasa konsumsi vetsin dapat menyebabkan sederet masalah kesehatan mulai dari sakit kepala hingga stroke. Vetsin yang mengandung MSG atau Monosodium Glutamat menurut berbagai penelitian juga dapat menghambat perkembangan janin dalam kandungan.



Oleh karena itu, bumil (ibu hamil) harus membatasi atau bahkan menghindari konsumsi vetsin dalam asupan makanannya sehari-hari. Berikut adalah bahaya yang ditimbulkan dari konsumsi vetsin selama kehamilan :

  • Berbahaya untuk mata
    Konsumsi vetsin bisa menganggu sistem penglihatan Anda karena dapat merusak retina mata. Pada kasus berat, konsumsi vetsin berlebihan bisa menyebabkan kebutaan.
  • Obesitas
    Mengonsumsi makanan yang mengandung vetsin dapat memicu rasa lapar sehingga merangsang keinginan untuk makan berlebihan. Hal ini bisa memicu obesitas pada bumil maupun janin yang dikandung.
  • Memperparah penyakit kronis
    Konsumsi vetsin yang berlebihan bisa memperparah penyakit kronis yang diidap bumil seperti asma, diabetes, dan memicu alergi pada janin yang dikandung.
  • Mengganggu sistem saraf
    Tingkat glutamat pada MSG bisa mengganggu sistem saraf yang pada gilirannya memiliki efek buruk pada tubuh.
  • Mengganggu kesehatan jantung
    Konsumsi vetsin atau MSG yang berlebihan saat hamil bisa menyebabkan sesak di dada, tekanan darah tinggi yang pada akhirnya bisa memicu serangan jantung pada bumil yang juga membahayakan kesehatan janin yang dikandungnya.
  • Merusak perkembangan otak
    Asupan makanan yang mengandung vetsin yang dikonsumsi bumil bisa memicu degenerasi sel-sel otak janin. Kondisi ini bisa mempengaruhi fungsi kognisi anak saat lahir.