Bahaya Tidur Dengan Ponsel Di Bawah Bantal

DokterSehat.Com -Ponsel kini telah menjadi salah satu gadget yang tidak bisa dilepaskan dari tangan sebentar saja. Ponsel telah dianggap sebagai alat yang penting untuk bersosialisasi dan mendapatkan informasi dengan cepat, bahkan di saat kita beristirahat! Mereka yang tidak ingin ketinggalan informasi satu pun akan terbiasa tidur dengan meletakkan ponsel di bawah bantal. Padahal, ponsel memiliki radiasi yang tentu saja sangat berbahaya bagi tubuh kita. Apa sajakah masalah yang bisa kita dapatkan jika kita tidur dengan ponsel di bawah bantal kita?

doktersehat-main-handphone-tidur-malam

Ponsel yang dekat dengan tubuh saat tidur ternyata bisa memicu gangguan tidur atau insomnia. Kita akan dengan mudah terjaga karena adanya notifikasi pada  ponsel yang membuat kita cemas dan ingin segera mengeceknya. Selain karena faktor psikologis ini, radiasi ponsel ternyata bisa membuat gangguan dalam produksi hormon melatonin tubuh sehingga kita pun akan kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Hal inilah yang membuat banyak pakar kesehatan sebaiknya menjauhkah ponsel dari tempat tidur atau setidaknya mematikannya agar kita bisa tidur tanpa gangguan apapun.

Ponsel yang selalu ditempatkan di bawah bantal ketika tidur ternyata bisa membuat otak kita terpapar radiasi secara langsung sehingga akan banyak sel otak yang mengalami kerusakan. Anak kecil akan mudah terkena kerusakan sel otak karena kemampuannya yang lebih besar dalam menyerap banyak gelombang elektromagnetik. Jika hal ini dibiarkan saja, otak bisa mengalami gangguan layaknya alzheimer sejak dini, autisme, atau bahkan tumor otak. Disamping itu, sistem saraf pusat juga bisa mengalami gangguan sehingga kita pun akan memiliki resiko terkena kanker lebih besar. Sebuah penelitian di Israel bahkan menunjukkan bahwa resiko mendapatkan kanker akan sangat besar jika kita terpapar radiasi ponsel saat waktu tidur.

Baca Juga:  Sayuran Berikut Sangat Bagus Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Ponsel yang dekat dengan tubuh ternyata juga bisa mempengaruhi kesuburan dan kesehatan kehamilan. Produksi sperma akan jauh terhambat jika terkena radiasi ponsel terus menerus. Hormon-hormon yang berfungsi untuk memproduksi sperma bisa terganggu sehingga kualitas serta jumlah sperma pun akan jauh menurun. Selain itu, ibu hamil juga akan beresiko mengalami keguguran jika terkena radiasi ponsel dengan dekat dan terus-menerus. Organ tubuh layaknya otak akan terganggu perkembangannya sehingga bisa memicu keguguran saat kehamilan.

Dengan banyaknya resiko masalah kesehatan ini, ada baiknya kita mempertimbangkan lagi kebiasaan meletakkan ponsel dekat dengan tubuh kita di waktu istirahat. Tempatkan ponsel di lemari, meja, atau bahkan di luar kamar sehingga kita tidak terganggu. Mematikan ponsel saat tidur juga bisa menjadi pilihan yang bijak karena selain mematikan pancaran radiasi, kita juga tidak akan terganggu dengan banyaknya notifikasi yang masuk pada ponsel tersebut sehingga tidur kita pun akan sangat nyenyak.