Bahaya Terlalu Sering Mengupil

DokterSehat.Com – Mengupil adalah salah satu kebiasaan manusia yang sudah dilakukan sejak kecil. Mengupil sendiri termasuk kegiatan yang sangat mengasyikan sehingga banyak orang melakukannya tanpa sadar di tempat umum. Saat kotoran hidung berhasil dikeluarkan, kita tentu akan merasa lega dan rasa gatal yang ada di dalam lubang hidung pun mereda. Sayangnya, dibalik asyiknya kegiatan mengupil ini, ada resiko kesehatan yang bisa terjadi pada tubuh kita. Apa sajakah bahaya dari terlalu banyak mengupil?

doktersehat-anak-flu-pilek

Upil sendiri adalah kotoran yang berada pada lubang hidung dan berasal dari lendir yang mengeras. Saat masih basah, lendir inilah yang menjadi filter terdepan dalam menghambat berbagai debu, polusi, hingga partikel-partikel berbahaya agar tidak memasuki saluran pernafasan lebih dalam. Kotoran yang tersaring pada lendir inilah yang membuat debu menjadi lebih keras dan membuat rasa gatal di hidung. Mengupil akan membuat upil yang keras akan terangkat sehingga rasa gatal pun akan mereda. Sayangnya, kadang kala upil terlalu keras dan saat kita mengupil dengan sedikit paksaan, yang terjadi adalah lubang hidung menjadi terluka dan terasa perih. Bahkan, jika kita terlalu sering mengupil hingga terluka, hidung pun bisa mengalami infeksi karena bakteri pun akan lebih mudah memasuki lubang hidung.

Saat kita memasukkan jari ke dalam hidung, kita juga memasukkan banyak kuman dan bakteri langsung ke dalam hidung tanpa bisa disaring oleh lendir hidung. Hal ini berarti kita pun akan bisa mengalami sakit flu dengan lebih mudah jika kita sering mengupil. Selain flu, hidung yang bersin-bersin atau bahkan tenggorokan yang gatal juga bisa didapatkan karena kebiasaan mengupil ini. Mengupil yang terlalu keras ternyata juga bisa memicu cedera pada lapisan dalam hidung dan bisa membuat masalah mimisan.

Baca Juga:  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Lubang hidung yang terlalu sering dikorek dengan jari juga akan membuat bulu hidung menjadi rontok dan tidak bisa tumbuh dengan baik. Yang menjadi masalah adalah, bulu hidung ini bersama dengan lendir hidung adalah penyaring utama bagi saluran pernafasan. Tanpa adanya filter yang baik, maka banyak bakteri, kuman, hingga partikel-partikel yang mudah memasuki saluran pernafasan dan membuat berbagai macam penyakit.