Bahaya Terlalu Sering Memainkan Ponsel

DokterSehat.Com – Ponsel kini telah menjadi salah satu peralatan yang sangat melekat dengan aktivitas harian manusia. Ponsel yang kini berkembang pesat menjadi smartphone yang bisa dipakai untuk mencari berbagai informasi dengan cepat dan mudah membuat banyak orang mau berlama-lama memainkannya. Saat memainkan ponsel baik itu dengan posisi duduk atau berdiri, kita akan terbiasa sedikit menundukkan kepala. Jika kita memainkannya terlalu lama, maka posisi kepala yang menundukpun akan berlangsung cukup lama, hal ini ternyata tidak baik untuk tubuh.

SONY DSC

Kebiasaan menundukkan kepala dalam jangka waktu yang lama ini ternyata bisa membuat tulang belakang menjadi lebih terbebani. Studi yang dilakukan oleh Surgical Technology International bahkan menunjukkan adanya penambahan tekanan hingga 27 kg pada tulang belakang selama kita menundukkan kepala menggunakan ponsel. Menurut Women’s Health, manusia modern kini bahkan akan menundukkan kepala untuk memainkan ponsel hingga dua – empat jam dalam sehari. Postur tubuh ini akan membuat leher dan punggung menjadi semakin tersiksa.

Tahukah anda, kepala manusia biasanya memiliki berat sekitar 4,5 hingga 5,5 kg dan tulang belakang kita akan terbiasa menahan beban tersebut saat tubuh kita dalam posisi duduk atau berdiri yang sempurna. Jika kita menunduk, beban tersebut otomatis akan jauh bertambah dan tulang belakangpun harus bekerja dengan lebih keras. Jika kepala kita ditundukkan sekitar 15 derajat, maka beban kepala kita naik lebih dari dua kali lipat, yakni sekitar 12 kg. Sudut yang lebih rendah, yakni 30 derajat akan menambah beban pada tulang belakang menjadi sekitar 18 kg. Sementara itu, jika kita menundukkan kepala lebih rendah lagi, maka beban pada tulang belakang bisa mencapai 27 kg. Tekanan yang terjadi pada tulang belakang juga dirasakan oleh otot, ligamen, dan tendon-tendo sehingga kita pun bisa mendapatkan masalah nyeri pada tulang belakang. Jika hal ini dilakukan terus menerus, bisa jadi tulang kita akan mengalami kerapuhan di saat tua nanti.

Baca Juga:  Beberapa Efek Negatif Dari Memakan Makanan Pedas

Cobalah anda membatasi penggunaan ponsel anda. Andaipun anda membutuhkan ponsel untuk berkomunikasi atau mencari informasi, cobalah untuk tetap menjaga postur tubuh yang baik sehingga bahu dan kepala tidak terlalu menunduk. Arahkan ponsel tetap di depan kepala, bukannya di sekitar dada atau perut sehingga anda pun akan terhindari dari berbagai masalah pada tulang belakang.