Bahaya Terlalu Sering Mandi Bagi Tubuh

Ada beberapa orang yang berpikir jika mereka melakukan mandi dengan frekuensi cukup sering, lebih dari dua kali sehari, maka tubuh mereka pun akan menjadi lebih bersih dan lebih cerah. Memang, dengan sering mandi, maka kotoran yang ada pada tubuh pun akan jauh lebih berkurang. Sayangnya, kebiasaan sering mandi ini ternyata tidak menjamin penyelesaian masalah berupa daki yang menempel atau kondisi kulit kering. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Salah satu fungsi dari mandi secara rutin setiap hari adalah untuk menghilangkan daki atau kotoran-kotoran pada kulit. Jika daki tetap berada pada kulit dan pada akhirnya menumpuk, kulit pun bisa menjadi lebih hitam dan kusam sehingga memberikan kesan jorok bagi orang yang memilikinya. Daki sendiri adalah campuran dari kotoran dan sel-sel mati yang biasanya berkumpul pada area-area yang sulit dijangkau saat mandi layaknya selangkangan, bagian belakang leher, hingga lipatan paha. Meskipun kita sering mandi, jika kita jarang menggosok area-area tersebut, akan ada banyak daki yang tertinggal dan pada akhirnya membuat penampilan kita menjadi tidak baik.

Selain daki, mandi dengan cukup sering ternyata juga belum tentu memberikan dampak yang baik bagi masalah kulit kering. Yang terjadi justru adalah, beberapa jenis sabun mandi akan membuat kondisi kulit jauh lebih kering daripada sebelumnya. Beberapa jenis sabun antiseptik seringkali dianggap sebagai penyebab kulit kering saat mandi, namun, sabun biasapun jika kita pakai terlalu sering dan gosokkan pada tubuh juga bisa memicu masalah kulit kering. Jika kita sering memakai air hangat untuk mandi, maka kulit pun akan menjadi jauh lebih kering.

Untuk menghindari masalah daki yang tidak bisa hilang dan kulit kering, kita bisa memakai body scrub yang ternyata bisa membantu pembersihan badan dengan lebih efektif. Selain itu, kita juga bisa memakai cara tradisional dengan menggosok badan memakai batu apung yang memiliki permukaan agak licin. Gunakan pula air mengalir atau gayung karena akan membantu pembuangan kotoran dan sel kulit mati dengan lebih baik. Mandi dengan bathtub dimana air hanya akan berada di satu tempat saja akan kurang efektif dalam membersihkan badan.