Bahaya Terlalu Keras Mengeluarkan Ingus

DokterSehat.Com– Biasanya seseorang akan berusaha keras mengeluarkan ingus dari hidung saat terserang pilek. Hal ini diharapkan bisa membuat hidung yang tersumbat kembali berfungsi dengan baik. Tapi, tahukan Anda bahwa kebiasaan tersebut malah akan membahayakan hidung dan saluran pernapasan?

doktersehat-flu-pilek-infeksi-otak

Menurut seorang dokter THT, Dr Ayah Al Ayoubi, sebenarnya masalah hidung tersumbat saat pilek bukanlah disebabkan oleh ingus. Penyebabnya adalah adanya pembengkakan dan inflamasi pembuluh darah di saluran pernapasan.

Mengeluarkan ingus terlalu keras tidak akan melegakan pernapasan Anda, tapi justru meningkatkan risiko berkembangnya bakteri sekunder.

Saat Anda berusaha mengeluarkan ingus dengan keras, beberapa lendir infeksi akan terdorong ke dalam sinus. Karena itu, sebaiknya keluarkan ingus secara perlahan-lahan saja.

Cara yang paling efektif untuk melancarkan pernapasan saat pilek adalah dengan mengonsumsi dekongestan.

Meskipun demikian, sebaiknya penderita penyakit diabetes, glaukoma, jantung, dan tekanan darah tinggi menghindari penggunaan dekongestan karena dapat memicu jantung berdetak lebih cepat.

Kini sudah tersedia berbagai pilihan dekongestan di apotek. Pilihlah dekongestan sesuai dengan kebutuhan Anda.