Bahaya Tempatkan Ponsel di Saku Bisa Picu Kanker

DokterSehat.Com – Kita tentu telah sering mendengar begitu banyaknya efek negatif dari penggunaan ponsel yang berlebihan. Disamping terangnya layar ponsel yang bisa membuat kesehatan mata semakin menurun, ponsel yang tetap menyala saat kita tertidur juga bisa memberikan efek radiasi yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu kebiasaan buruk yang kerap kita lakukan adalah dengan menempatkannya di saku saat kita bepergian, entah saku celana atau saku baju.

iphone

Telah banyak studi yang memaparkan bahayanya menempatkan ponsel pada saku celana jika dilakukan oleh kaum pria. Paparan radiasi dari ponsel bisa menyebabkan kemandulan, khususnya bagi mereka yang melakukannya dalam waktu yang lama. Masalahnya adalah, kebanyakan orang baik pria maupun wanita berpikir jika menempatkan ponsel di saku akan sangat praktis sehingga bisa kita ambil sewaktu-waktu jika ada notifikasi atau telepon yang masuk. Andai kita menempatkannya di tas, maka kita tentu akan cukup repot mencari ponsel yang bisa saja tertumpuk oleh beberapa barang yang ikut ditempatkan di dalam tas.

Pakar kesehatan bernama Devra Davis berkata jika kebiasaan menempatkan ponsel di saku dalam waktu yang lama ternyata bisa memicu kerusakan pada DNA tubuh. Disamping itu, tingkat kesuburan pria dan fungsi otak juga bisa mengalami penurunan yang drastis karena adanya radiasi ini. Efek buruk lain dari menempatkan ponsel pada saku celana adalah semakin berkurangnya kepadatan tulang pada area panggul.

Selain bagi kaum pria, radiasi bagi ponsel juga sangatlah berbahaya bagi kaum wanita. Banyak kaum hawa yang menempatkan ponsel pada saku baju atau menempatkannya di dada saat tiduran. Radiasi dari ponsel tersebut bisa menyebabkan munculnya tumor payudara. Melihat ada banyaknya efek buruk dari radiasi ponsel jika terlalu sering ditempatkan dekat dengan tubuh, ada baiknya kita mulai menempatkan ponsel di tas saja. Saat kita tertidur, kita juga sebaiknya menempatkan ponsel jauh dari tempat tidur atau mematikannya saja sehingga tidak ada lagi radiasi yang bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat.