Bahaya Sianida Jika Memasuki Tubuh

DokterSehat.Com – Belakangan ini, berita banyak dihebohkan tentang racun sianida yang bisa dengan mudah mematikan tubuh. Racun sianida sendiri bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan atau minuman dan jika seseorang mengkonsumsinya, maka banyak organ yang bisa mengalami kerusakan dan mengacam nyawa. Apa dan darimanakah sianida itu berasal?

Several graduated cylinders of various thickness and heights with white side markings in front of a large beaker. They are all filled about halfway with red or blue chemical compounds. The blue ink is showing signs of Brownian motion when dissolving into water.

Sianida sendiri adalah semacam senyawa kimia yang bisa berbentuk gas atau juga berbentuk kristal. Sianida dalam bentuk kristal sendiri akan disebut sebagai natrium sianida atau NaCN. Jika kita mencampurkannya ke dalam makanan atau minuman, kita tidak akan menemukan perbedaan bau, namun akan memberikan rasa pahit. Sianida sendiri bisa ditemukan di banyak bahan makanan atau tumbuh-tumbuhan. Beberapa tumbuhan yang akrab kita temui layaknya singkong, almond, kacang lima, atau bahkan biji buah persik, apel dan aprikot bisa diolah sedemikian rupa menjadi sianida. Anda tak perlu khawatir jika mengkonsumsi makanan-makanan tersebut karena kandungan sianidanya yang sangat rendah sehingga bisa dengan mudah dinetralisir oleh tubuh.

Produk sianida sendiri biasanya dipakai dalam industri pembuatan tekstil, kertas, atau juga plastik sehingga akan sangat tidak baik jika tertelan oleh saluran pencernaan. Sayangnya, selain jika karena diracuni seseorang secara sengaja, kita bisa saja terkena masalah sianida dengan tidak sengaja jika kita meminum air atau menghirup udara yang sudah tercemar senyawa kimia ini. Jika jumlah sianida yang memasuki tubuh cukup besar, maka efeknya tentu akan berimbas pada kematian.

Jika kita terkena sianida, kita bisa merasakan mual, pusing-pusing, hingga nafas dan denyut jantung yang sangat cepat. Jika dibiarkan begitu saja, kita juga bisa mengalami kejang-kejang, kehilangan kesadaran, hingga rusaknya paru-paru yang tentu saja akan berimbas dengan kematian. Jika anda terkena sianida, meskipun hanya karena sentuhan atau karena terkena gas sianida, maka anda harus sesegera mungkin memeriksakan kondisi anda ke dokter terdekat. Jika bisa, anda juga membuang pakaian atau benda apapun yang telah terkontaminasi sianida sehingga anda pun akan lebih aman dari racun ini di kemudian hari. Hanya saja, anda harus memprioritaskan pemeriksaan medis sehingga anda bisa ditangani dengan cepat dan tepat dan anda pun tidak akan mendapatkan masalah keracunan yang jauh lebih berbahaya atau mengancam jiwa anda.