Bahaya Sering Menyikat Gigi

DokterSehat.Com – Banyak orang ingin memiliki senyum cemerlang dan putih, gigi yang putih bersih masih menjadi simbol kesehatan dan sinyal bahwa sang pemilik senyum menjaga kebersihan dirinya. Gigi putih terawat juga menambah nilai plus saat seseorang tersenyum, maka tidak heran jika banyak cara dilakukan untuk mendapat gigi cemerlang, salah satunya adalah sikat gigi berkali-kali.

7

Secara umum untuk dapat memiliki gigi sehat dan putih bersih adalah dengan menyikat gigi minimal 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan malam hari sebelum tidur. Akan tetapi menurut beberapa para ahli kesehatan gigi, menyebutkan jika terlalu sering menyikat gigi justru akan menjadi penyebab timbulnya kerusakan gigi dan juga gusi. Sehingga para ahli tersebut justru menyarankan untuk menyikat gigi hanya dilakukan 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Selain mengurangi waktu menyikat gigi, penggunaan sikat gigi dan cara menyikat gigi haruslah benar karena berpengaruh untuk mengurangi kerusakan pada gigi. Secara umum sikat gigi yang di sarankan untuk digunakan adalah sikat gigi yang memiliki bulu halus dan lembut. Tentu saja hal ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya gesekan yang terlalu keras antara bulu sikat dengan permukaan gigi, agar tidak membuat gigi berlubang dan melukai gusi.

Masalah lain yang ditimbulkan akibat menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang terlalu keras adalah terjadinya pendangkalan pada permukaan gusi dan juga dapat menimbulkan infeksi yang bisa berbahaya bagi kesehatan gigi, untuk mengangkat sisa makanan dan plak yang menempel pada sela-sela gigi, Anda dapat menggunakan obat kumur yang di kombinasikan dengan sikat gigi. Jadi untuk menyikatnya tidak perlu menggunakan tenaga yang kuat untuk menekan saat menyikat gigi agar menghindari terjadinya luka akibat sikat gigi.

Baca Juga:  Posisi Tidur yang Tepat untuk Kondisi Kesehatan Anda

Jadi berapa kali idealnya menyikat gigi setiap hari? Para ahli menyarankan hanya cukup 2 kali sehari saja dan tidak perlu setiap selesai habis makan. Namun yang pasti, menyikat gigi sebelum tidur adalah sesuatu yang harus selalu dilalukan agar sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi tidak terbawa tidur. Selain itu, panduan menyikat gigi yang benar harus Anda ketahui. Semoga dapat bermanfaat.