Bahaya Sering Memakai Sendal Jepit

DokterSehat.Com – Alas kaki yang satu ini sudah sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia, sandal jepit. Bahkan beberapa waktu lalu sempat menjadi booming karena digunakan salah satu artis Korea.

15

Kenyamanan menjadi alasan banyak orang yang menjadikannya sebagai alas kaki favorit. Namun perlu berhati-hati untuk yang terlalu sering menggunakannya karena ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Seperti dimuat laman WebMD, Rabu (29/7/2015), ahli bedah ortopedi dari American Orthopaedic Foot and Ankle Society, John G. Anderson, MD mengatakan, sandal jepit begitu populer selama musim panas, namun sandal ini tidak dapat memberikan perlindungan pada bagian bawah kaki.

Sandal jepit boleh digunakan untuk menghindari licin saat ke kamar mandi atau di sekitar kolam renang. Namun, jangan gunakan sandal ini sehari-hari apalagi untuk olahraga atau mendaki, katanya.

Tak seperti sepatu, kata dia, sandal jepit akan menyebabkan sakit kaki, tendinitis dan mudah terkilir. “Sandal jepit menawarkan sedikit perlindungan. Anda berisiko lebih besar untuk menginjak kaca atau benda berat lain hingga patah atau kuku robek, ungkapnya.

Anderson menambahkan, risiko lainnya menggunakan sandal jepit adalah sakit pinggul, lutut, dan cedera punggung. Banyak ahli berpendapat, permukaan sandal jepit yang rata juga menyebabkan plantar fasciitis atau radang jaringan pada bagian bawah kaki yang menyebabkan nyeri tumit.

Setidaknya, pilih sandal jepit yang memiliki lengkungan sesuai telapak kaki dan gunakan di waktu yang tepat, ungkapnya.