Bahaya Rokok Dan Alkohol Sebabkan Menopause Dini Bagi Kaum Wanita

DokterSehat.Com – Merokok dan mengkonsumsi alkohol adalah salah satu gaya hidup yang paling tidak dianjurkan oleh semua pakar kesehatan. Bagaimana tidak, kandungan dari kedua barang ini sangatlah tidak baik bagi tubuh kita. Kita tentu sering mendengar banyaknya kandungan racun yang dimiliki oleh rokok. Bahkan, begitu besar racun yang ada pada rokok sehingga banyak perokok pasif yang ikut terkena dampak kesehatan tubuh yang negatif. Selain itu, alkohol yang meskipun cukup enak untuk dikonsumsi, ternyata bisa membuat banyak organ tubuh menjadi bekerja keras dan pada akhirnya mengalami kerusakan. Bagi kaum hawa sendiri, kedua barang ini sangatlah tidak layak dikonsumsi karena bisa memicu masalah menopause sejak dini.

shutterstock_216024766 copy

Menopause sendiri adalah masa dimana wanita akan tidak lagi mengalami siklus menstruasi yang berkaitan dengan kondisi kesuburan dan kehamilan. Biasanya, wanita yang sudah mulai berusia lanjut akan segera mendapatkan masalah menopause. Meskipun merupakan hal yang normal secara biologis, kaum hawa tentu tidak ingin sesegera mungkin mengalami menopause mengingat banyaknya perubahan hormon yang bisa mengubah kualitas kehidupan sehari-hari. Sayangnya, wanita yang rajin merokok dan menenggak alkohol justru mengalami resiko yang cukup besar untuk mengalami menopause sejak usia muda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Cancer Research di Negara Inggris menunjukkan bahwa merokok dan meminum alkohol secara signifikan mempercepat datangnya masa menopause pada wanita. Wanita berusia 25-49 yang mengkonsumsi minuman beralkohol rata-rata dua gelas dalam sehari akan mengalami perubahan datangnya fase menopause hingga satu tahun. Selain itu, gaya buruk merokok dan meminum alkohol ini juga memiliki kaitan besar dengan beberapa penyakit layaknya kanker payudara.

Dengan adanya resiko mendapatkan menopause sejak dini, ada baiknya memang kaum wanita mulai meninggalkan gaya hidup yang buruk ini dan melakukan banyak aktifitas yang sehat layaknya berolahraga dengan rutin serta mengkonsumsi makanan yang sehat. Dengan gaya hidup yang lebih positif, masa menopause pun bisa datang dengan normal sehingga wanita pun akan tetap mendapatkan hidup yang berkualitas hingga waktu yang lama.