Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesehatan

Dokter Sehat – Orang sibuk bermain atau menatap layar ponsel adalah pemandangan yang nyaris bisa ditemui setiap hari. Baik di kantor, transportasi umum, hingga saat rapat sekali pun. ibarat dompet, ponsel menjadi benda yang wajib dibawa sehari-hari. Bedasarkan penelitian sebelumnya, telepon genggam mampu meningkatkan interaksi sosial dan membantu seseorang mengurangi perasaan terisolasi.



Namun sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa mereka yang kehidupannya tak bisa lepas dari ponsel, justru merasa diri mereka kurang bahagia. Klaim tersebut diungkapkan setelah peneliti mempelajari kebiasaaan lebih dari 500 siswa berusia 18-22 tahun dalam menggunakan ponsel. Para peneliti mengukur bagaimana ponsel dapat mempengaruhi pandangan mereka terhadap kehidupan, selain itu, peneliti juga melihat nilai ujian para siswa.

Hasilnya, ponsel turut meningkatkan rasa cemas seseorang karena mereka memiliki kewajiban untuk tetap berhubungan secara konstan. Rasa cemas muncul karena mereka terus dihubungi melalui ponsel. Sementara partisipan lainnya kesulitan berhenti menggunakan media sosial, seperti Facebook.

Para peneliti yang terdiri dari Jacob Barkley, Aryn Karpinski dan Andrew Lepp, dari Kent University di Ohio mengatakan, ponsel bisa menjadi penyebab stres yang cukup besar. Hal ini jelas terlihat kontras dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan ponsel dapat membantu mengurangi perasaan terisolasi.

Situs jejaring sosial kadang-kadang membuat saya sedikit terikat dengan ponsel, hal ini membuat saya merasa seperti memiliki kewajiban lain dalam hidup saya, ujar salah seorang partisipan yang tidak disebutkan namanya seperti dilansir laman Daily Mail.

Bahaya radiasi handphone bagi kesehatan :

1.Mengurangi produksi sperma
Bagi anda kaum pria sebaiknya anda mengetahui bahwa radiasi hp bisa mengurangi produksi sperma anda, kesimpulan ini diambil setelah diadakan beberapa penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa produksi pemakaian hp bisa mempengaruhi produksi sperma menjadi berkurang dan juga mengurangi kualitas sperma itu sendiri. Sperma menjadi tidak begitu subur sehingga mengurangi prosentase melahirkan keturunan, beberapa studi menunjukkan bahwa pria yang terbiasa menaruh hp di saku celana dan ikat pinggang cenderung memiliki sperma yang lebih sedikit dan kurang berkualitas. Inilah yang harus anda perhatikan, jadi gunakanlah hp seperlunya saja dan usahakan tidak menaruhnya menempel dengan anggota tubuh. Anda bisa menaruhnya di dashboard mobil atau di tas.

Baca Juga:  Tentang Medullary Carcinoma

2.Bagi ibu hamil
Bagi anda para wanita yang sedang mengandung atau ibu hamil, lebih baik hindari pemakaian hp secara berlebihan atau rutin. Hal ini disebabkan karena radiasi yang diakibatkan oleh hp akan mengganggu janin dalam kandungan, beberapa penelitian ilmiah mendapatkan hasil bahwa radiasi hp dapat menggangu perkembangan otak janin dan menimbulkan perilaku hiperaktif ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Perilaku hiperaktif adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas yang tidak lazim dan cenderung berlebihan, otak pada janin juga menyebabkan kemampuan otak menjadi lemah khususnya daya ingat.

3.Mengganggu ingatan manusia
Pernahkah anda menelepon dalam waktu yang lama dan hp anda menjadi hangat / panas? Nah, di situlah radiasi yang paling banyak dari hp. Saat anda menelpon cukup lama, maka hp akan mencari sinyal secara terus-menerus dan menyebabkan radiasi. Bagi anda yang terbiasa telpon dengan menempelkan pada telinga, maka di situlah potensi daya ingat anda akan berkurang. Usahakan anda menelpon dengan menggunakan handset atau loudspeaker agar hp tidak begitu dekat dengan anggota tubuh. Selain itu, penggunaan hp bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dapat mengurangi daya ingatnya, karena otak anak masih dalam tahap perkembangan.

4.Menyebabkan kanker otak
Penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus dapat pula menyebabkan timbulnya kanker otak, khususnya yang sering menelpon dan ditempelkan di telinga atau wilayah kepala. Radiasi ponsel dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform. Para pakar melakukan penelitian dan menemukan bahwa ada peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel, otak manusia dapat dengan mudah teradiasi apabila anda menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus. Untuk itu pakailah ponsel seperlunya saja untuk menghindari hal-hal buruk tersebut.