Ingin Bahagia? Matikan Ponsel Jam 10 Malam

doktersehat-main-ponsel-sebelum-tidur

DokterSehat.Com– Meskipun bisa memberikan manfaat besar bagi aktivitas harian kita, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak berlebihan dalam memakai ponsel karena dianggap bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menghasilkan fakta bahwa agar kita hidup bahagia, ada baiknya kita selalu mematikan ponsel sebelum jam 10 malam.

Dilansir dari The Times, mereka yang menghabiskan waktu malamnya untuk mengecek media sosial dan melihat televisi ternyata cenderung lebih mudah mengalami masalah suasana hati, termasuk masalah bipolar. Mereka juga cenderung tidak bahagia dan merasa sendirian.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh The Lancet Psychiatry ini, disebutkan bahwa para peneliti memang tidak bisa benar-benar membuktikan bahwa gangguan pada jam alami tubuh bisa memicu masalah psikologis pada manusia. Namun, mereka yakin bahwa penggunaan ponsel hingga larut malam ikut mengganggu ritme sirkadian tubuh dengan signifikan.

Dalam penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 91.000 orang berusia paruh baya ini, dihasilkan fakta bahwa mereka yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup atau nyenyak dan orang-orang yang masih mengecek media sosial di malam hari memiliki risiko 6 persen lebih besar untuk menderita depresi dan 11 persen lebih berisiko terkena masalah bipolar. Mereka juga memiliki skor kebahagiaan 9 persen lebih rendah.

“Mereka yang melakukan perjalanan udara dalam waktu lama atau memiliki anak kecil tahu bagaimana dampak tak bisa tidur dengan nyenyak bagi suasana hati dan kemampuan berpikir. Hasil penelitian ini semakin membuktikan bahaya ponsel jika digunakan dengan berlebihan, khususnya di malam hari,” ucap Profesor Smith dari University of Glasgow, Skotlandia.

Profesor Smith pun menyarankan kita untuk membatasi penggunaan ponsel hingga jam 10 malam. Selain itu, pastikan untuk lebih aktif di siang hari jika dibandingkan di malam hari karena secara alami, tubuh manusia menganggap waktu malam yang gelap sebagai waktu untuk beristirahat.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik