Bahaya Penyedap Rasa untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Pemakaian monosodium glutamate (MSG) dalam masakan dipercaya dapat meningkatkan cita rasa tersendiri. Namun, sensasi rasa nikmat dengan campuran MSG malah akan menimbulkan masalah pada kesehatan Anda.

11

MSG  merupakan zat aditif yang terdiri dari garam dan asam glutamat, kedua bahan ini bisa mengganggu kinerja sistem saraf otak. Pemakaian MSG dalam dosis tinggi bahkan bisa mengakibatkan serangan epilepsi.

Berikut alasan bahaya konsumsi MSG bagi kesehatan :

  1. Pusing
    Pusing merupakan dampak buruk yang paling umum dari MSG. Selain itu, MSG berpotensi menjadi migrain dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain yang berulang.
  1. Gugup
    Konsumsi MSG juga bisa meningkatkan rasa gugup, mati rasa, kesemutan atau sensasi terbakar di wajah dan leher. Orang yang banyak mengonsumsi MSG lebih sering mengantuk dan tubuhnya lemak. Selain itu, MSG juga meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson, Alzheimer, dan sclerosis.
  1. Jantung
    Konsumsi MSG juga bisa memacu detak jantung lebih cepat. Selain itu, rasa nyeri dibagian dada juga tak terelakkan.
  1. Bahaya untuk wanita dan anak-anak
    MSG juga bisa memengaruhi kesuburan wanita. Selain itu, MSG juga tidak cocok untuk anak-anak karena bisa meningkatkan risiko terhadap gangguan organ tubuh
  1. Masalah lain
    Bahaya lain dari seringnya konsumsi MSG yakni tekanan darah, gangguan lambung, tiroid, diabetes tipe 2, obesitas, asma. Selain itu, MSG juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, autis, alergi hingga kerusakan retina.