Bahaya Pemakaian BH Kawat Setiap Hari

DokterSehat.Com – Menggunakan bra kawat sudah menjadi kebiasaan perempuan karena membuat bentuk payudara terlihat kencang, daerah-daerah pribadi wanita sangat sensitif dan rentan dengan yang namanya penyakit. Salah satunya dengan payudara, banyak wanita-wanita tidak terlalu perduli dengan apa yang mereka pakai dan apa yang mereka makan, yang ahirnya kebiasaan-kebiasaan dan rutinitas yang selama ini dilakukan sangat tidak baik bagi tubuh mereka.

10

salah satu teman saya yang gemar sekali menggunakan BH kawat, saya tau karena setiap belanja pakaian dalam dengan saya yang dia beli BH berkawat. Ahir-ahir ini dia sering merasa nyeri dibagian punggung belakang, setelah dia konsultasi kedokter penyebab sakit punggungnya itu adalah terlalu seringnya dia menggunakan BH Kawat. Kabar menghebohkan muncul sekitar tahun 1995, dari hasil penelitian Sidney Ross Singer dan Soma Grismaijer di Amerika Serikat, terhadap 4.700 perempuan. Dalam buku Dressed to Kill, kedua ilmuwan itu menyatakan, pemakaian bra berkaitan dengan kejadian kanker payudara.

Kepala bagian epidemiologi reproduktif dan hormonal National Cancer Institute, Louise Brinton, menyatakan bahwa pendapat tersebut tidak masuk akal. Selama 30 tahun melakukan riset di bidang kanker, ia masih mendapati bahwa hal paling umum untuk terjadinya kanker berkaitan dengan kadar hormon endogen.

Memang belum ada penelitian ilmiah tentang kaitan bra berkawat maupun kebiasaan tidur memakai bra, dengan kejadian kanker payudara,jadi jangan khawatir, ungkap Dr. Adityawati Ganggaiswari, MBiomed, dari Yayasan Kanker Indonesia, saat dihubungi GHS.

jadi saya sarankan untuk para saudari-saudari kita yang menggunakan BH Kawat, gunakan pada acara – acara tertentu saja. Misal pada acara pesta, karena memang memperindah tampilan anda. Tapi sayang sekali jika indah tidak disertai dengan memperhitungkan kesehatan kita.