5 Bahaya Makanan Pedas bagi Ibu Hamil

doktersehat-makanan-pedas

DokterSehat.Com– Selama beberapa generasi yang berkembang hingga saat ini, bahwa makanan pedas dapat memengaruhi kehamilan. Namun, kabar baiknya adalah bahwa makanan pedas aman untuk wanita hamil, dan sebagian besar klaim tentang efeknya pada kehamilan tidak memiliki dasar dalam penelitian ilmiah. Namun, beberapa wanita hamil mungkin ingin menghindari makanan pedas jika mereka mengalami gejala tertentu, seperti diare, mulas, dan sakit.

1. Mengonsumsi makanan pedas tidak membahayakan janin

Mengonsumsi makanan pedas selama kehamilan aman untuk janin yang sedang berkembang. Dokter dan otoritas medis, seperti American Pregnancy Association, merekomendasikan wanita hamil untuk menghindari makanan:

  • Seafood mentah
  • Daging
  • unggas dan telur
  • Hot dog dan daging yang belum dipanaskan sampai mengepul;
  • Ikan tinggi merkuri seperti ikan todak, mackerel, hiu dan tilefish
  • Produk susu dan jus yang tidak dipasteurisasi;
  • Alkohol
  • Teh herbal
  • Makanan mengandung kafein yang berlebihan
  • Buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci

Makanan-makanan ini dapat menyebabkan cacat lahir atau penyakit yang dapat membahayakan bayi. Makanan pedas, bagaimanapun, dianggap aman dikonsumsi saat hamil selama mereka tidak versi pedas dari salah satu makanan yang diklasifikasikan sebagai tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

2. Makanan pedas tidak menyebabkan keguguran

Ada kisah masa lampau bahwa makanan pedas dapat merangsang persalinan, menyebabkan beberapa wanita takut bahwa makan makanan pedas dapat menyebabkan keguguran atau persalinan prematur. Namun tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makanan pedas merangsang persalinan, juga tidak ada hubungan yang ditemukan antara makan makanan pedas dan keguguran atau persalinan prematur.

3. Makanan pedas dapat membuat Anda sakit

Makanan pedas dapat memperburuk mual di pagi hari. Bau yang sederhananya dari hidangan yang pedas telah mengubah perut banyak penderita morning sickness. Jika Anda mengalami banyak morning sickness, Anda mungkin ingin menghindari makanan pedas.

4. Makanan pedas dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan

Makanan pedas dikenal dapat menyebabkan sakit maag dan gangguan pencernaan. Bahkan jika Anda bukan seseorang yang biasanya mengalami masalah ini, makanan ini dapat memengaruhi Anda saat hamil.

Selama kehamilan, peningkatan hormon tertentu dapat menyebabkan otot-otot di saluran pencernaan Anda menjadi rileks, memperlambat pencernaan dan membiarkan asam-asam lambung merayap kembali ke esofagus.

Perubahan ini dapat menyebabkan sakit maag dan gangguan pencernaan. Jika Anda menemukan bahwa Anda rentan terhadap masalah ini selama kehamilan Anda, jangan mengonsumsi makanan pedas untuk menghindari ketidaknyamanan.

5. Makanan pedas meningkatkan kontraksi

Mengonsumsi makanan yang pedas terlalu berlebihan dapat memicu terlepasnya hormone prostaglandin. Pelepasan prostaglandin dengan jumlah yang tinggi akan memicu otot-otot halus menjadi kontraksi. Kondisi ini membingungkan ibu hamil, yang mengira akan segera melahirkan, namun sesungguhnya ini hanyalah kontraksi palsu.
Sebenarnya, makanan pedas tidak masalah bagi ibu hamil. Makanan pedas tidak berpengaruh buruk pada janin. Rasa pedas tidak akan dierap oleh janin, namun hanya menyerap nutrisi.

Bahaya makanan pedas pada tubuh

1. Mengiritasi kulit

Karena siapa pun yang pernah secara tidak sengaja menyentuh mata mereka setelah memuncratkan lada pedas ke mulut mereka, jika terkena kulit bayi-bayi dapat menyebabkan luka bakar. Karena rempah-rempah pedas dapat mengiritasi kulit yang serius. Pakai sedikit lip balm sebelum makan untuk menetralisir kulit halus di bibir Anda, dan pastikan untuk mencuci tangan segera setelah menangani terpapar makanan pedas.

2. Lidah mati rasa

Sering mengonsumsi makanan pedas secara teratur dapat mengurangi kepekaan indra perasa pada lidah dari waktu ke waktu. Jadi berhati-hatilah jika Anda hobi makanan pedas. Jika tidak ingin kepekaan indra perasan pada lidah anda rusak, hindarilah terlalu sering mengonsumsi makanan pedas.

3. Mengganggu usus

Salah satu efek yang lebih tidak nyaman dari makanan pedas adalah masalah yang ditimbulkannya di usus. Karena rempah-rempah pedas menyebabkan iritasi. Zat capsaicin yang terkandung dalam makanan pedas memicu diare.

4. Membuat Anda berkeringat

Makanan pedas yang mengandung capsaicin benar-benar akan memanaskan tubuh Anda, segingga tubuh Anda mudah segera berkeringat setelah mengonsumsi makanan pedas.

5. Melukai dinding lambung

Makanan pedas dapat dapat menyebabkan asam lambung meningkat. Mengonsumsi banyak makanan pedas dapat membuat asam lambung meningkat dalam jumlah yang banyak. Jika asam lambung dalam jumlah banyak, maka dapat mengiritasi dinding lambung.