Bahaya Parfum Palsu Bagi Kulit

DokterSehat.Com – Dijaman yang modern ini telah terjadi perubahan gaya hidup mulai dari penampilan maupun gaya hidup. Berbicara masalah penampilan, pasti identik dengan parfum ( wewangian ). Dengan menggunakan parfum, badan kita akan menjadi tambah wangi dan membuat kita semakin PD. Namun dijaman modern ini juga banyak beredar parfum palsu yang berbahaya bagi kesehatan.

8

Efek parfum palsu bagi kulit dan tubuh

Untuk mengetahui bahaya parfum palsu bagi kulit, akan lebih baik jika kita mengetahui bahan-bahan yang ada pada parfum asli dan palsu. Bahan aktif yang terkandung dalam parfum palsu diantaranya urin, bakteri dan bahan anti beku.

Parfum palsu yang terserap oleh kulit dan masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Sedangkan dampaknya pada kulit adalah dapat memicu timbulnya alergi, kulit kering, iritasi dan kemerahan pada kulit. Selain itu, pada parfum asli, kandungan utama nya adalah ethanol.

Ethanol ini berfungsi melarutkan dan biasanya dicampur pada minuman beralkohol dan berada dalam kategori aman untuk kesehatan. Ini berbeda dengan bahan yang dicampurkan pada parfum palsu.

Parfum palsu memasukkan bahan methanol yang akan berubah menjadi formalin jika terhirup melalui udara dan masuk ke dalam tubuh. Seperti formalin pada ummnya, formalin hasil perubahan methanol dalam tubuh ini juga bisa menjadi penyebab aktif terhadap penyakit kanker, penyakit yang selama ini sudah merenggut nyawa jutaan manusia, khususnya Indonesia.

Perlu diketahui bahwa formalin apabila masuk ke dalam tubuh, sebagian dari formalin tersebut akan secara otomatis tersimpan di dalam organ hati. Apabila dibiarkan berada disana untuk jangka waktu yang lama akan menimbulkan kanker hati. Biasanya orang yang tidak tahan dengan bau parfum palsu akan merasa sakit perut dan sakit kepala disertai dengan rasa mual dan pusing.

Baca Juga:  Mitos Tentang Gula yang Kerap Salah Kita Pahami

Untuk itu, sangat penting bagi masyarakat untuk berhati-hati dengan penggunaan parfum. Apabila tidak mampu membeli parfum  yang asli alangkah baiknya jika menghindari pemakaian parfum palsu.

Akan lebih baik jika tidak menggunakan parfum sama sekali. Untuk tetap wangi, bau parfum bisa diganti dengan bau sabun yang aman dan wangi, bau lotion, bau pakaian yang wangi dan lain sebagainya. Tapi jika masih merasa takut dengan bau-bau wangi non-alami yang mungkin juga berbahaya bagi tubuh, bisa juga disiasati dengan tampil natural dan apa adanya.

Tampil natural asal bersih cukup memberi kesan bersih, segar, serta menarik. Dengan mengetahui bahaya parfum palsu bagi kulit, setidaknya bisa lebih meningkatkan kehati-hatian pada diri sendiri ketika hendak memakai parfum. Jika masih ingin wangi, Anda bisa membeli parfum asli dengan menabung terlebih dahulu. Tidak perlu membeli yang terlalu mahal, asalkan produknya aman bagi kesehatan.