Bahaya Paparan Bahan Kimia Plastik Bisa Bikin Pria Mandul

DokterSehat.Com – Zat kimia yang terdapat dalam kemasan plastik sudah lama menjadi perhatian para ilmuwan karena membahayakan kesehatan, salah satunya gangguan pada organ reproduksi pria. Beberapa penelitian menunjukkan paparan zat kimia tertentu akan menyebabkan kemandulan.



Bahaya bahan plastik DEHP ini memang bukan hal baru, pasalnya pada 2002, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) menemukan banyaknya peralatan medis yang menggunakan PVC yang mengandung DEHP. Pada 2004, tim gabungan peneliti Swedia dan Denmark meneliti pengaruh level kandungan udara terhadap DEHP.

Menurut penelitian terbaru ini, tingkat metabolit dari phthalate DEHP (phthalate diethylhexyl) dalam urin memengaruhi kualitas sperma dari 300 pria antara usia 18-20.

Molekul DEHP dapat menyerap bahan kimia melalui makanan, minuman, kontak kulit dan inhalasi. Hasil penelitian menunjukkan, hal ini memengaruhi kualitas sperma mereka, kata peneliti, Jonatan Axelsson, seperti dikutip Times of India, Sabtu (26/9/2015).

Setidaknya, kata Jonatan, 57 persen pria mengalami penurunan jumlah sperma karena terpapar polimer sintetik tersebut. Peneliti menggarisbawahi risiko ini untuk mewaspadai penggunaan plastik kedepannya.

BACA JUGA : Bolehkah Menggunakan Stagen Setelah Melahirkan?