Apa Sih Bahaya Menggunakan Minyak Berulang Kali?

doktersehat-minyak-berulang
Photo Credit: Flickr.com/LearningLark

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar ‘kan bahwa penggunaan minyak berkali-kali tidak baik untuk kesehatan. Namun tahukah Anda apa sih sebenarnya bahayanya?

Perlu diketahui, berbagai jenis minyak, utamanya minyak nabati seperti minyak kelapa sawit yang kerap digunakan untuk menggoreng, merupakan jenis minyak yang memiliki kandungan lemak baik dan zat gizi yang lebih tinggi ketimbang minyak dari hewani lho.

Sayangnya, penggunaan minyak yang tidak tepat, utamanya jika minyak digunakan berulang kali, justru bisa berbahaya untuk tubuh. Inilah bahaya penggunaan minyak berulang kali:

1. Kandungan gizi rusak dan hilang

Selain kandungan gizi, yaitu lemak baik, yang telah ada dalam minyak goreng sendiri, sebagian besar minyak goreng di Indonesia sangat umum mendapatkan fortifikasi berbagai zat gizi misalnya vitamin A, B dan E.

Menggunakan minyak goreng berulang kali akan menyebabkan minyak terpapar panas secara berkali-kali pula. Hal ini akan merusak gizi yang ada pada minyak goreng. Sehingga minyak yang digunakan berulang kali tidak akan memberikan zat gizi lagi.

2. Meningkatkan kolesterol darah

Berkaitan dengan poin sebelumnya, kandungan lemak baik yang ada pada minyak akan semakin turun jika digunakan berulang kali. Hal inilah yang menyebabkan minyak menjadi sumber kolesterol.

Selain itu minyak yang digunakan berkali-kali akan terdegradasi sehingga risiko terbentuknya lemak trans, yang merupakan pemicu kolesterol, akan semakin tinggi.

3. Berisiko menyebabkan penyakit jantung hingga kanker

Kolesterol yang tinggi pada bahan makanan tentu akan meningkatkan risiko tebentuknya plak pada dinding pembuluh darah.

Hal ini menjadi penyebab penyakit jantung hingga stroke sedangkan proses terdegradasinya minyak akan menyebabkan risiko kanker semakin besar.

Beberapa pakar menganjurkan agar kita menggunakan minyak paling banyak tiga kali untuk menggoreng bahan makanan yang sama selama minyak tidak berubah tampilan dan kejernihannya.

Lebih dari itu gantilah minyak yang Anda gunakan untuk menggoreng, ya.