Bahaya Obesitas Pada Anak

DokterSehat.Com – Senangnya, ketika anak anda menjadi fokus utama lingkungan sekitar salah satunya dikarenakan anak anda gemuk dan chubi. Hal ini menjadi sangat menyenangkan sekali bahkan banyak yang mencubit, mencium karena gemas melihatnya. Namun, jangan terlalu senang dengan anak yang gendut ladies karena bisa jadi buah hati ladies beresiko mengalami obesitas.

14

Obesitas tidak hanya bisa terjadi orang dewasa. Anak-anak pun bisa mengalaminya apabila asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh anak terlalu berlebihan. Anak yang mengalami obesitas beresiko terserang beberapa penyakit seperti :

  • Penyakit-penyakit kardiovaskular
  • Kanker
  • Asma
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit hati

Seperti yang dikutip dari netdoctor.co.uk, obesitas tidak hanya bisa berdampak pada munculnya bibit-bibit penyakit pada anak. Obesitas yang dialami oleh anak dapat membuat mereka rendah diri, depresi, dan penurunan prestasi akademik di sekolah.

Kemungkinan terjadinya obesitas pada anak-anak sebetulnya dapat diketahui sejak dini. Dengan mengatur pola makan anak sejak dini, obesitas pada anak dapat dicegah. Masih menurut netdoctor.co.uk, sekitar 40 sampai 70 persen anak yang mengalami obesitas akan tumbuh menjadi orang dewasa yang juga kelebihan berat badan. Oleh karena itu, menurunkan berat badan anak yang mengalami obesitas sedini mungkin harus dilakukan oleh orang tua.

Nah, apakah buah hati ladies mengalami obesitas? Lihatlah perbandingan antara berat badan dan tinggi badannya dengan mengecek pada BMI (Body Mass Index) anak.