Jangan Remehkan Muntah Darah Saat Hamil

doktersehat muntah darah saat hamil

DokterSehat.Com– Mengalami mual dan muntah saat hamil adalah kondisi yang wajar terjadi. Umumnya hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan. Namun ibu perlu waspada jika ibu mengalami muntah darah. Apa penyebabnya?

Penyebab muntah darah saat hamil

Muntah darah saat hamil umumnya disebabkan oleh adanya luka pada saluran cerna di bagian atas seperti lambung dan kerongkongan. Selain itu muntah darah juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, di antaranya:

1. Sindrom Mallory-Weiss

Kondisi ini disebabkan oleh luka di dinding kerongkongan yang mengakibatkan pendarahan. Kondisi ini bukan hanya dialami oleh ibu hamil, namun juga anak-anak hingga dewasa. Bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness, kondisi ini dapat disebabkan oleh muntah berlebihan sehingga melukai kerongkongan.

2. Asam lambung

Muntah darah selama hamil juga dapat disebabkan oleh penyakit asam lambung atau GERD. Kondisi ini umumnya ditandai dengan nyeri ulu hati atau sensasi perih di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Bagi ibu hamil yang mengalami GERD kronis, maka terjadi peradangan pada bagian kerongkongan sehingga menyebabkan muntah darah saat hamil.

3. Luka di bagian lambung

Selain asam lambung luka di bagian lambung juga dapat menyebabkan muntah darah. Luka pada bagian lambung atau tukak lambung dapat mengikis bagian dinding lambung yang menyebabkan nyeri dan mual. Tukak lambung dapat disebabkan oleh indeksi bakteri, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dan konsumsi oebat anti peradangan dalam jangka panjang.

4. Masalah varises kerongkongan

Muntah darah juga dapat disebabkan oleh masalah pembuluh darah di kerongkongan. Kondisi ini terjadi jika aliran darah menuju hati terhalang oleh massa atau jaringan parut pada hati sehingga menyebabkan peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah di sekitar hati. Hal ini dapat memicu pembuluh darah kecil pada kerongkongan menjadi melebar serta rentan pecah dan mengakibatkan perdarahan pada kerongkongan.

Muntah darah merupakan gejala serius yang dapat dialami oleh ibu hamil. Jika ibu mengalami muntah darah dan disertai gejala lainnya, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.