
DokterSehat.com telah dipercaya lebih dari 6 tahun sebagai Informasi Kesehatan, tips kesehatan
dan konsultasi online segala macam jenis penyakit, kanker, seksualitas dan kesehatan keluarga.
DokterSehat.com – Bahaya sering minum minuman bersoda! Mulai saat ini, berhati-hatilah. Anda harus tahu bahwa di balik sensasi rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda menyimpan bahaya yang serius bagi tubuh.
Membahayakan Ginjal
Amerika Serikat melakukan penelitian mengenai bahaya tersebut terhadap 3256. Mereka rutin mengkonsumsi minuman bersoda minimal 2 kali sehari. Hasilnya, sebanyak 30% responden mengalami kerusakan ginjal dan penurunan fungsinya.
Menurut para ahli, hal ini terkait dengan kandungan minuman bersoda, yakni pemanis buatan, pewarna buatan, kafein, dan asam fosfat.
Meningkatkan Risiko Diabetes
Para penderita penyakit diabetes sangat dilarang untuk mengkonsumsi gula. Hal ini karena hormon insulin yang ada di dalam tubuhnya tidak cukup, bahkan tidak sanggup untuk mengubah zat gula tersebut menjadi gula otot (glikogen). Akibatnya, gula darah (glukosa) akan meningkat dan membahayakan.
Ingat, diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang bisa memicu penyakit yang lain, misalnya stroke dan kerusakan jantung koroner. Jika Anda banyak mengkonsumsi minuman bersoda, selain berpotensi menyebabkan diabetes, stroke dan kerusakan jantung korone juga bisa terjadi. Perlu dicatat bahwa penyakit diabetes timbul tak hanya karena faktor keturunan. Orang yang asalnya normal pun bisa menderita penyakit diabetes.
Meningkatkan Risiko Obesitas
Minuman bersoda kaya akan kalori. Kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan risiko obesitas. Tak hanya bagi orang yang sudah dewasa, anak-anak bisa menderita obesitas.
Di Amerika Serikat, tingkat obesitas pada anak-anak sangatlah tinggi. Salah satu penyebabnya adalah minuman bersoda. Anak-anak di Amerika Serikat mengkonsumsi minuman bersoda layaknya meminum air putih. Setelah makan, mereka pasti minum minuman bersoda. Hasilnya, mereka banyak yang menderita obesitas.
Ingat, obesitas merupakan salah satu pemicu dari munculnya penyakit-penyakit lain. Di antaranya diabetes, stroke, kerusakan jantung koroner, dan berbagai penyakit serius lainnya.
Meningkatkan Risiko Tulang Rapuh
Salah satu kandungan minuman bersoda adalah asam fosfat. Dalam suatu penelititan, asam fosfat ini bisa menyebabkan penyakit kerapuhan tulang. Hal ini karena asam fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan keropos.
Universitas Harvard pernah membuat penelitian mengenai hal ini. Mereka mengamati seorang atlet remaja pengonsumsi minuman bersoda dan yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Hasilnya, atlet remaja pengonsumsi minuman bersoda mengalami patah tulang 5 kali lebih banyak daripada atlet remaja yang tidak mengkonsumsi minuma bersoda.
Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas
Dalam suatu penelitian di Amerika Serikat, kandungan minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Dalam penelitian tersebut, 87% responden yang minimal mengkonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari mengalami peningkatan risiko kanker pankreas.
Penelitian dilakukan terhadap 60524 responden (pengonsumsi minuman bersoda) selama 14 tahun. Hasilnya, sebanyak 87% mengalami risiko kanker pankreas yang terlihat melalui gejala-gejalanya.
Meningkatkan Kerusakan pada Gigi
Dalam suatu penelitian, 3200 orang responden mengalami kerusakan gigi akibat mengkonsumsi minuman bersoda. Hal ini tentu saja akibat kandungan zat gula yang ada di dalam minuman tersebut. Tak hanya itu, asam fosfat juga turut memperburuk kerusakan gigi dengan cara melarutkan kalsium gigi.
Meningkatkan Ketergantungan pada Kafein
Minuman bersoda mengandung kafein. Zat ini sejak dulu dikenal sebagai zat yang mampu membuat orang ketergantungan. Meskipun kafein mempunyai efek positif terhadap tubuh, efek negatif kafein ternyata lebih banyak. Misalnya, membuat jantung berdebar, insomnia, tekanan darah rendah, dan lain-lain.
Setelah menyimak bahaya-bahaya minuman bersoda tersebut, ada baiknya Anda segera mengganti menu minuman bersoda dengan minuman lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, susu sapi, susu kedelai, air putih, teh hijau, teh hitam, jus buah-buahan, atau yoghurt. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit serius yang mengancam tubuh.
Bahaya Minuman Bersoda,
walah, saya pecinta soda.. :panikpanik:
trimakasih atas infonya
Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju:
10
0
untung…
aku memang gak terlalu suka dan jarang minumnya….
Setuju atau Tidak Setuju:
1
1
Comment
Setuju atau Tidak Setuju:
0
0
You retard, SODA is awesome
Setuju atau Tidak Setuju:
1
0
kalo yang berlabel ‘zero’ sugar itu gimana ya dok ? saya kok ragu apa bener-bener zero.
menurut saya sih yang namanya soda ya tetep aja soda, berbahaye.
Setuju atau Tidak Setuju:
1
0
patut dan sangat perlu di hindari,lebih baik mencegah dari pada mengobati.
Setuju atau Tidak Setuju:
1
0
kalau seperti itu minuman soda harus ditiadakan …
Setuju atau Tidak Setuju:
2
0
untung aq ga suka n ga prnah mnum soda hehheee..
Setuju atau Tidak Setuju:
1
0
solusix gimana?
Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju:
6
0
Klo uda kcanduan gmna ? Bza smbuh gk.,?
Setuju atau Tidak Setuju:
3
2
mulai sekarang hidup sehat
yiiihhaaaa
Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju:
5
0
mkasih info x jdi bsa mengurangi
Setuju atau Tidak Setuju:
2
0
siiip…
Setuju atau Tidak Setuju:
1
0
artikel yang bagus,tapi mungkin diberi penjelasan yang lengkap demi meyakinkan pembaca
Setuju atau Tidak Setuju:
2
0
bahaya banget, lagian minuman berkarbinasi g’ enak kalo pas sendawa… (y)
Setuju atau Tidak Setuju:
1
0
ada yang sudah di traslate gak?
atau blog-nya dalam bahasa inggris (atau di terjemahkan ke bahasa2 lainya)..??
Setuju atau Tidak Setuju:
1
0
hiiiii … ngeri banget ya
Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju:
11
0
waduhhh sangat berbahaya toh,, haduhhhhh,,
Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju:
7
2
Udah nyoba ngehindarin minuman soda cuma kadang2 masih suka kebita -.-
Setuju atau Tidak Setuju:
3
3
Terima kasih info nya pak, sangat berguna sekali untuk kita semua
Setuju atau Tidak Setuju:
0
0
terimak kasih atas informasinya . . .!!!
Setuju atau Tidak Setuju:
0
0