Bahaya Minum Terlalu Banyak Saat Berolahraga

DokterSehat.Com – Saat berolahraga, kita memproduksi cukup banyak keringat dan kehilangan cairan tubuh sehingga akan merasakan haus. Karena adanya rasa haus ini, banyak dari kita yang mengkonsumsi air dengan jumlah yang banyak. Memang, minum air dengan jumlah yang banyak akan membuat kita mengatasi haus dan memberikan sensasi segar. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini ternyata tidak baik untuk dilakukan.



Pakar kesehatan menyebutkan jika kita banyak minum saat berolahraga, kita bisa mengalami masalah overhidrasi atau water intoxication. Jika kita mengalami kondisi ini, maka ginjal akan kesulitan melakukan tugas penyaringan mengingat air yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak. Jika tubuh tidak mampu mengeluarkan cairan yang berlebihan ini, dikhawatirkan tubuh akan mengalami retensi air atau ketidakseimbangan jumlah air dan sodium di dalam darah. Kekentalan darah pun menurun sehingga berbagai elektrolit yang sangat penting bagi darah juga ikut menurun. Jika hal ini terjadi, maka tubuh bisa saja mengalami masalah hyponatremia dan akhirnya memicu sel-sel tubuh membengkak. Yang menjadi masalah adalah, jika yang mengalami pembengkakan adalah sel otak, dikhawatirkan hal ini akan memicu masalah kesehatan yang serius atau bahkan kematian.

Lantas, seperti apa gejala overhidrasi yang disebabkan oleh konsumsi air terlalu banyak? Paka kesehatan menyebutkan bahwa awalnya, perut akan terasa kembung, mual, dan penuh. Kondisi ini biasanya akan berlanjut dengan rasa pusing pada kepala dan pembengkakan pada kaki. Jika kondisi overhidrasi ini ternyata sangat parah, dikhawatirkan tekanan darah akan meningkat drastis, memicu kesulitan bernafas, hingga pandangan yang mulai kabur.

Untuk mencegah overhidrasi, kita harus mengetahui kemampuan maksimal ginjal terlebih dahulu. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ginjal tidak bisa menyaring air lebih dari 0,8 hingga 1 liter setiap jamnya. Hal ini berarti, sehaus apapun kita saat itu, jangan minum air lebih dari jumlah tersebut demi menghindari overhidrasi. Selain itu, demi menghindari rasa haus berlebihan saat berolahraga atau melakukan aktifitas lainnya, ada baiknya kita meminum air sebelum berolahraga sehingga setelah melakukannya kita tidak perlu mengkonsumsi air berlebihan.