Berbahayakah Mengonsumsi Terlalu Banyak Probiotik?

probiotik_doktersehat_1
Photo Source: Facebook/Lina Nurdiana

DokterSehat.Com– Terdapat beberapa jenis makanan atau minuman probiotik yang bisa kita konsumsi secara rutin seperti yoghurt. Tak hanya enak, makanan dan minuman probiotik ini juga disebut-sebut bisa menyehatkan saluran pencernaan sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa probiotik terdiri dari bakteri baik yang bisa menyehatkan tubuh. Hanya saja, jika kita cermati, kita diminta untuk membatasi asupan minuman probiotik hanya beberapa kemasan saja. Padahal, banyak orang yang sangat suka dengan rasanya sehingga bisa meminumnya dalam jumlah yang sangat banyak. Apakah hal ini justru bisa berimbas buruk bagi kesehatan tubuh?

Tahukah Anda jika di dalam tubuh kita terdapat banyak sekali bakteri? Jumlah bakteri di dalam tubuh kita ternyata bisa mencapai trilyunan. Hal ini berarti, jika kita mengonsumsi probiotik yang kaya akan bakteri baik dalam jumlah yang berlebihan, ada kemungkinan kita tidak akan mengalami overdosis probiotik.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa jika kita mengonsumsi 20 milyar bakteri baik yang ada dalam probiotik, maka kesehatan mikroba di dalam usus akan semakin membaik dan hal ini akan berimbas pada sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik.

Hanya saja, tidak semua orang ternyata bisa mendapatkan efek positif dari probiotik. Sebagian ternyata bisa mengalami dampak seperti sakit perut atau diare. Jika kita sampai mengalami masalah tersebut, ada baiknya kita menghentikan asupan probiotik terlebih dahulu.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi probiotik dengan berlebihan bisa menyebabkan keracunan atau efek-efek lainnya. Hanya saja, kita juga tidak bisa dengan sembarangan mengonsumsinya dengan berlebihan. Konsumsilah dengan jumlah yang wajar dan pastikan untuk menjaga asupan makanan sehat dengan kadar gizi seimbang setiap hari demi mencegah datangnya masalah kesehatan.