Bahaya Minum Air Es Usai Melakukan Olahraga

DokterSehat.Com– Berolahraga akan membuat suhu tubuh meningkat, keringat bercucuran, dan badan yang terasa lelah. Tak hanya itu, tubuh juga akan merasakan haus akibat dari banyaknya cairan tubuh yang terkuras saat melakukannya. Untuk mengatasi rasa haus ini, kebanyakan orang ingin mengkonsumsi minuman dingin yang menyegarkan. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kebiasaan minum es setelah berolahraga ternyata bisa memberikan dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah dampak tersebut?

doktersehat-minum-air-cegah-hipertensi

Membuat kepala pusing
Jika kita minum air es setelah melakukan olahraga, maka dampak pertama yang akan tubuh rasakan adalah kepala yang terasa pusing. Hal ini disebabkan oleh sistem saraf pusat yang tidak siap dengan adanya perubahan respons tubuh yang masih dalam kondisi panas menuju ke dingin dalam waktu yang singkat karena adanya air dingin ini. Karena alasan inilah ada baiknya kita menunggu suhu tubuh kembali normal sebelum meminum air es.

Memicu penyempitan pembuluh darah
Setelah kita minum air dingin, maka tubuh akan mengalami gangguan metabolisme yang bisa membuat pembuluh darah menjadi semakin sempit. Hal ini tentu akan membuat aliran darah menuju jantung akan semakin menurun.

Kerap buang air kecil
Minum air dingin akan membuat kita cenderung lebih sering buang air kecil setelahnya. Hal ini disebabkan oleh posisi kandung kemih yang terletak di depan usus halus sehingga saat ada air dingin melewati usus halus, urine pada kandung kemih ikut mendingin dan membuatnya lebih sulit untuk ditahan. Yang menjadi masalah adalah, kerap buang air kecil bisa membuat tubuh kehilangan potassium dan sodium yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita minum air putih dengan suhu biasa saja setelah berolahraga yang jauh lebih sehat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.