Inilah Penjelasan Ilmiah Tentang Larangan Meniup Makanan Atau Minuman Panas

doktersehat-minuman-diet
Photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda meniup makanan atau minuman panas agar cepat dingin? Misalnya mie atau teh panas? Ya, meniup makanan panas adalah sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian besar orang. Sebab, kebanyakan orang tidak sabar ingin menyantap makanan serta minuman yang ada dihadapannya, walau dalam keadaan panas sekalipun.

Selain itu, banyak juga yang memercayai bahwa makanan atau minuman yang hangat rasanya lebih nikmat dikonsumsi, bila dibandingkan yang sudah dingin. Maka tak heran, kebiasaan ini begitu banyak dilakukan, baik orang dewasa maupun anak kecil.

Kendati kebiasaan ini cukup banyak dilakukan, tak sedikit pula anggapan yang mengatakan bahwa meniup makanan atau minuman tidak dibenarkan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan. Namun, saat ditanya alasannya, kebanyaka mereka tak mengetahui, hanya saja mereka meyakini bahwa kebiasaan tersebut adalah tidak baik dilakukan.

Berangkat dari mitos tersebut, seorang pakar kesehatan asal Universitas di Kanada melakukan penelitian lanjut terhadap masalah ini. Seperti dikutip dari laman Cosmopolitan, bahwasanya ada bahaya tersendiri ketika seseorang meniupkan makanan atau minuman yang sedang panas. Salah satunya adalah menimbulkan asam karbonat.

Kemunculan asam karbonat sendiri dikarenakan adanya campuran zat karbondioksida dari dalam tubuh dengan senyawa pada makanan tersebut. Parahnya, zat dan senyawa yang tercampur itu akan mengakibatkan risiko penyakit berbahaya, misalnya jantung. Sebab, bagaimanapun juga karbondioksida memang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Tidak sampai di situ, meniup makanan dan minuman yang panas juga bisa menyebabkan terjangkitnya bakteri yang disebut H. Pylori pada makanan. Perpindahan bakteri itu terjadi sangat cepat, sepersekian detik saat peniupan dilakukan. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya bila diberikan kepada orang lain. Untuk itu, bagi ibu yang sedang menyuapi anaknya, sangat dilarang untuk meniup makanan terlebih dahulu karena bisa menyebabkan bakteri masuk ke dalam tubuh anak.

Alhasil, bakteri tersebut bisa menimbulkan berbagai macam masalah, khususnya pada perut, seperti diare hingga gangguan lambung. Oleh karenanya, lebih baik Anda menunggu makanan atau minuman tersebut menjadi dingin terlebih dahulu, daripada meniupnya.