Bahaya Mengonsumsi Obat Tidur Jangka Panjang

DokterSehat.com – Obat tidur menjadi obat yang paling dicari oleh penderita insomnia. Setelah mengonsumsi obat ini memang penderita akan tidur lebih nyanyak. Namun, mengonsumsi obat tidur dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan bahkan beberapa penelitian menyebutkan penggunaan obat tidur dapat menyebabkan kematian. Berikut ini dampak buruk dari penggunaan obat tidur:



Kematian

Sebuah penelitian dari California menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi 18 pil tidur dalam setahun berisiko mengalami kematian 3,6 kali lebih tinggi ketimbang yang tidak mengonsumsi obat tidur sama sekali. Risiko kematian akan meningkat menjadi lima kali lipat pada orang yang mengonsumsi 18 samapai 132 pil tidur dalam setahun.

Efek samping
Obat tidur memiliki berbagai efek samping seperti rasa kantuk berkepanjangan keesokan paginya, mulut kering, kebingungan, lupa, pusing, sakit kepala, sembelit, nyeri otot, dan insomnia lanjutan. Bagi Anda yang memiliki alergi, obat tidur juga dapat membuat wajah  membengkak, memori yang tidak stabil, dan halusinasi.

Kecanduan
Obat tidur yang dikonsumsi lama kelamaan dapat membuat Anda kecanduan dan ketergantungan. Kondisi ini tentulah tidak baik bagi kesehtan Anda.

Gejala lain
Jika Anda terbiasa mengonsumsi obat tidur lalu menghentikan penggunaannya secara tiba-tiba maka dapat mempengaruhi kondisi tubuh Anda. Tubuh akan mengalami beberapa gejala masalah kesehatan seperti gemetaran, mual, dan berkeringat.

Obat-obatan lain
Obat tidur juga dapat membuat Anda ketergantungan terhadap obat jenis lainnya seperti antidepresan, pereda rasa sakit, dan obat penenang. Hal ini tentu saja dapat membuat memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Masalah yang lebih buruk
Mengonsumsi obat tidur terus-menerus mungkin dapat menimbulkan masalah yang lebih buruk. Segera hubungi dokter jika masalah tersebut berlanjut.

Baca Juga:  Beberapa Kesalahan Dalam Melakukan Pertolongan Pertama

Sebenarnya insomnia bukanlah penyakit jadi tidak perlu disembuhkan dengan mengonsumsi obat-obatan. Jika Anda mengalami gejala insomnia jangan langsung minum obat tidur, cobalah cara lain untuk mengembalikan rasa kantuk Anda.

Dari berbagai sumber