Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda Saat Haus Melanda

DokterSehat.Com– Suhu udara di siang hari yang panas dan sinar matahari yang menyengat memang bisa membuat kita haus. Untuk mengatasinya, kita tentu ingin meminum yang segar-segar. Banyak orang yang sengaja memilih minuman bersoda yang memang bisa memberikan sensasi kesegaran tersendiri bagi tenggorokan. Sayangnya, minuman bersoda termasuk dalam makanan dan minuman yang justru sebaiknya kita hindari saat sedang merasa haus.

doktersehat-soda-kaleng-kanker

Mengkonsumsi minuman bersoda saat haus
Meskipun bisa memberikan sensasi segar, mengkonsumsi minuman bersoda justru akan membuat kita semakin haus. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan soda dan gula pada minuman ini yang justru menarik cairan dari tubuh dan membuat kita lebih mudah merasa haus dan dehidrasi.

Minuman berkafein
Pakar kesehatan sangat tidak menyarankan kita mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan berbagai minuman kaleng lainnya karena memiliki sifat diuretik. Meminumnya justru akan membuat kita kerap buang air kecil dan akhirnya kehilangan banyak cairan tubuh. Tak hanya membuat kita semakin haus, kita juga bisa mengalami dehidrasi.

Makanan yang tinggi garam
Kandungan garam memang bisa membuat rasa haus semakin parah. Jika kita mengkonsumsi makanan kaya garam saat sedang haus, maka otak justru akan mengirimkan sinyal pada sel tubuh untuk menarik air keluar dari sel dan membuat rasa haus semakin parah. Beberapa jenis makanan kaya garam seperti makanan cepat saji, makanan instan, dan makanan kaleng sebaiknya kita hindari saat sedang haus.

Kecap
Menambahkan kecap atau saus yang terbuat dari bahan kedelai bisa membuat kadar elektrolit dalam tubuh tidak seimbang atau disebut sebagai hypernatremia. Hal ini juga akan membuat kadar sodium berlebihan dalam darah dan membuat tubuh menjadi semakin haus.