Bahaya Menggunakan Makeup Setiap Hari

DokterSehat.Com – Makeup sudah merupakan alat perang yang wajib dimiliki oleh setiap wanita, tidak hanya untuk menutup apa yang kurang dan menonjolkan apa yang menjadi kelebihan Anda, makeup memang dapat memberikan kesan tersendiri yang membuat nilai jual seorang wanita itu meningkat. Jadi jangan heran, kalau di antara Anda yang greget sekali setiap melihat produk makeup terbaru dengan memberikan fungsi yang berbeda. Kalau saja bukan karena ‘nominal budget’, sudah tentu Anda ingin miliki semuanya.

3

Bahkan tidak sedikit wanita yang menjadikan perlengkapan makeup ini sebagai barang wajib yang harus dibawa ke mana-mana, sehingga tersimpan rapi sudah mereka semua dalam makeup bag. Sayangnya, saat mata kita melihatnya dalam kondisi bersih dan aman untuk digunakan, mereka justru menjadi ancaman bahaya buat kesehatan. Seperti bakteri yang berkembang karena alat-alatnya kotor. Belum lagi kalau ternyata ada kandungan kimia berbahaya, banyak yang harus diwaspadai dari produk yang dekat dengan kita ini.

Berikut ini adalah bahaya penggunaan makeup :

  1. Resiko kanker kulit
    Kandungan kimia yang terdapat dalam produk kosmetik Anda mungkin dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, hal itu dikarenakan kandungan kimia tersebut bisa saja merupakan racun yang dapat menyebar di tubuh Anda.
  1. Masalah pernafasan
    Penggunaan kosmetik mungkin dapat menyebabkan alergi, hal itu mungkin menyerang organ pernafasan Anda.
  1. Mengganggu sistem reproduksi
    Penggunaan produk kosmetik secara berlebihan dapat merusak sel-sel reproduksi dalam tubuh Anda.
  1. Depresi
    Menurut penelitian, orang yang sering menggunakan makeup lebih rentan terkena stres. Kandungan kimia dalam kosmetik ternyata dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh Anda.
  1. Infeksi mata
    Pemakaian kosmetik pada sekitar mata seperti eyeshadow, eyeliner, dan lain-lain dapat menyebabkan infeksi pada mata.
  1. Sakit kepala
    Memakai makeup setiap hari dapat menyebabkan Anda sering mengalami sakit kepala. Mengurangi penggunaan makeup dapat mengurangi sekait kepala yang Anda alami.
  1. Kerusakan kulit
    Tidak jarang wanita yang mengalami kerusakan kulit akibat penggunaan makeup yang berlebihan. Kerusakannya biasanya seperti kulit menghitam, memerah, atau gejala lain. Jika Anda melanjutkan penggunaan makeup, tentu ini akan berbahaya bagi kesehatan kulit Anda.