Bahaya Mengenakan Bra Yang Salah

DokterSehat.Com – Tidak sedikit wanita yang menyepelekan masalah bra. Padahal, pakaian dalam ini sangat penting dalam menjaga payudara wanita. Salah satu masalah yang diremehkan wanita ialah ukuran bra yang mereka pakai.

13

Sebanyak 70%-80% wanita mengenakan ukuran bra yang salah dan beberapa di antara mereka bahkan nggak memakai bra saat sedang olahraga. Para ahli fisioterapi mengingatkan wanita untuk lebih teliti dalam memperhatikan ukuran tubuh serta payudara sebelum membeli bra, terutama sports bra.

Sammy Margo, pakar fisioterapi dari Chartered Society of Physiotherapy mengatakan, Memakai ukuran bra yang salah nggak hanya membuat penampilan terlihat buruk, tetapi juga berisiko mengalami gangguan kesehatan. Hal ini dapat memicu sakit leher, bahu, perut, dan punggung, juga membuat syaraf di bagian leher terjepit dan payudara mengendur.

Mengenakan bra yang nggak tepat pun dapat memicu heratburn (rasa panas membakar pada dada atau jantung), iritasi kulit bahkan hingg gangguan pada usus. Bra yang nggak menopang payudara dengan maksimal dapat membuat postur tubuh menjadi kurang sempurna hingga menyebabkan sakit serta otot tegang. Seperti yang dialami oleh klien dari Richard Moore, konsultan pengobatan holistik dan terapi pijat di Nottingham, Inggris. Pasien wanitanya banyak yang mengeluhkan sakit pada punggungg dan leher. Ternyata itu terjadi akibat memakai bra yang nggak pas.

Bra konvensional (tradisional) seringkali terlalu kektat di sekitar area tulang rusuk, membentuk lekukan di tengah-tengah punggung, memisahkannya menjadi dua bagian kecil sehingga nggak bekerja secara efektif, ujar Richard.

Selain itu, bra yang kurang menopang bagian depan tubuh akan membuat badan condong ke depan, namun kepala condong ke belakang. Ini akan menimbulkan tekanan pada diafragma. Saat seorang wanita duduk dalam waktu lama atau seharian, tekanan diafragma akan memengaruhi mekanisme pernapasan yang menimbulkan masalah pencernaan, terutama pada usus.

Tali bra yang terlalu ketat nggak hanya akan menimbulkan iritasi, tetapi juga menghambat aliran darah. Urat syaraf jadi menegang, tekanan pada kepala akan bertambah sehingga menyebabkan nyeri serta sakit kepala.

Menyeramkan sekali bukan? Hanya karena salah mengenakan ukuran bra dapat memicu risiko kesehatan yang sangat besar. Oleh karena itu, pastikan ukuran tubuh dan payudaramu sehingga bra yang kamu beli nanti nggak kebesaran atau kekecilan. Kalau bra yang dikenakan terasa sesak, berarti bra tersebut kekecilan untukmu. Kalau tali bra bagian belakang terasa naik, bra tersebut kebesaran untukmu.

Telitilah dalam memilih bra. Selain membuat postur tubuh menjadi lebih baik, bra yang pas dan nyama akan meningkatkan kepercayaan diri kalian.