Bahaya Mendengkur Yang Bisa Mematikan!

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengeluhkan masalah tidur berupa mendengkur. Disamping bisa memberikan rasa tidak nyaman bagi pasangan, dengkuran yang kerasa ternyata juga bisa membuat seseorang mengalami penurunan kualitas dan kenyenyakan saat tidur. Selain dampak buruk tersebut, dengkuran ternyata juga bisa memberikan masalah yang jauh lebih besar, yakni terkena stroke dan penyakit jantung!



Banyak orang yang berpikir jika mendengkur adalah hal yang normal dilakukan dikala tidur. Padahal, mendengkur adalah salah satu gejala dari sebuah penyakit berbahaya yang disebut sebagai obstructive sleep apnea atau kondisi dimana seseorang bisa berhenti bernafas saat tidur karena adanya penyumbatan pada aliran proses pernafasan. Penyumbatan ini pun pada akhirnya bisa membuat volume oksigen dalam darah menurun dengan drastis dan bisa memicu masalah kesehatan lainnya.

Pakar kesehatan dari Rumah Sakit Medistra, Jakarta, dr. Rimawati Tedjakusuma menyebutkan jika seseorang mendengkur saat tidur malam, maka Ia bisa mengalami penghentian pada proses pernafasan dalam frekuensi yang sangat tinggi, yakni 30 kali dalam satu jam saja. Dalam beberapa kasus, penderita masalah mendengkur ini bahkan bisa mengalami penghentian proses bernafas hingga 150 kali dalam waktu satu jam saja. Mereka yang sering mendengkur dan menderita obstructive sleep apnea ternyata memiliki resiko terkena banyak penyakit berbahaya. Tercatat, penyakit layaknya stroke atau serangan jantung, diabetes, hingga hipertensi bisa menyerang siapa saja yang sering mendengkur.

Saat nafas terhenti di kala tidur, otak yang kekurangan asupan oksigen dalam darah pun akan membuat tubuh kita terbangun sehingga bisa bernafas dan menghirup oksigen dengan lebih baik. Perintah dari otak ini ternyata bisa memicu peningkatan tekanan darah yang signifikan dan bahkan jika dibiarkan begitu saja, dinding pembuluh darah pun beresiko mengalami kerusakan dan peradangan yang bisa memicu masalah kolesterol dan penyebab stroke lainnya.

Baca Juga:  Makan Terlalu Malam Tidaklah Baik Bagi Tubuh

Jika anda sering mendengkur, ada baiknya anda pun harus memeriksakan kondisi tubuh anda ke dokter. Dengan mendapatkan perawatan medis yang tepat, anda pun bisa terhindari dari dampak buruk obstructive sleep apnea yang jika dibiarkan bisa memicu gangguan kesehatan yang sangat berbahaya bagi tubuh.