Bahaya Memendam Perasaan Sendiri

DokterSehat.Com – Memendam perasaan marah atau kesal bukan suatu hal yang bagus. Anda yang senang menyimpan perasaan sendirian atau hanya diam saja bisa memangkas umur.

5

Demikian hasil penelitian yang dilakukan University of Rochester seperti dikutip MensHealth, Rabu (6/11/2013) menyebutkan.

Orang yang senang memendam perasaannya dengan diam seribu bahasa, 35 persen lebih berisiko meninggal dalam penelitian yang berlangsung 12 tahun, dibandingkan orang yang berbagi emosi dengan orang lain.

Dalam survei yang mengukur keterbukaan emosional seseorang, menunjukkan peningkatan penyakit kanker dan kardiovaskular yang melonjak 70 persen dan 47 persen.

Penulis penelitian Benjamin Chapman, Ph.D menjelaskan, ada dua potensi yang terjadi pada orang yang memendam perasaan.

  • Pria yang menekan perasaannya bisa merokok lebih banyak, minum lebih banyak, dan terlibat dalam perilaku yang tidak sehat lainnya dengan teratur, dibandingkan pria yang terbuka secara emosional.
  • Stres yang terpendam akan terakumulasi dari emosi yang tak tercurahkan kemudian mengacaukan tubuh Anda, membuat tubuh meradang, dan menurunkan kekebalan tubuh.

Bagaimana cara memperbaikinya? Chapman menganjurkan, Anda bisa berbagi dengan seorang teman, psikiater, atau siapa pun yang Anda anggap nyaman untuk berbicara dengannya.

Anda juga bisa terbantu dengan mengirimkan SMS atau email perasaan Anda ke teman, dan mungkin lebih sederhana dibandingkan terbuka secara pribadi.