Bahaya Membawa Gadget ke Toilet

DokterSehat.Com– Meskipun terlihat sebagai kebiasaan yang jorok, dalam realitanya cukup banyak orang yang membawa gadgetnya ke dalam kamar mandi. Dengan adanya gadget, maka kita bisa mendengarkan musik sembari mandi atau berselancar internet saat buang air besar.

doktersehat-pria-toile-kamar-mandi-wasir-ambeien-konstipasi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Verizon Wireless pada tahun 2015 silam, disebutkan bahwa 90 persen orang akan membawa ponselnya ke kamar mandi. Bahkan, survey yang dilakukan oleh Sony dan O2 pada tahun 2016 menyebutkaan bahwa 3 dari 4 pria dan wanita akan tetap memakai ponselnya saat berada di internet.

Yang menjadi masalah adalah, ada banyak sekali dampak buruk dari membawa gadget ke toilet seperti sebagai berikut.

Penularan kuman
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di London School of Hygiene and Tropical Medicine pada tahun 2011, ditemukan bahwa 1 dari 6 ponsel yang kerap dibawa di toilet ternyata memiliki kuman yang biasa ditemukan pada kotoran manusia. Jason Tetro, ahli mikroba yang menulis buku berjudul The Germ Files menyebutkan bahwa tangan kita memang bisa kita bersihkan dari kuman dengan cara mencucinya dengan sabun, namun, ponsel tidak. Padahal, ponsel ini biasa kita tempatkan di kasur, atau sempat kita sentuh saat makan. Adanya kuman ini tentu membuat kita beresiko terkena penyakit, bukan? Tetro pun menyarankan kita untuk tidak membawa gadget seperti ponsel di kamar mandi demi menghindari paparan kuman.

Kamar mandi penuh dengan air
Cukup banyak kasus gadget yang terjatuh ke dalam bak mandi atau wastafel gara-gara dibawa ke dalam kamar mandi. Tak hanya bisa membuat gadget tersebut rusak, terdapat beberapa kasus dimana gadget terjatuh dalam bak mandi dimana ada orang yang berendam di dalamnya. Hal ini bisa memicu sengatan listrik yang berpotensi mematikan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak membawa gadget di kamar mandi atau toilet.