Bahaya Memakai Make Up Yang Sudah Kadaluarsa

Dokter Sehat – Perempuan terkadang tidak memperhatikan kapan dirinya pertama kali menggunakan alat make up tersebut, padahal itu merupakan salah satu kunci untuk mengetahui sampai kapan make up tersebut bisa digunakan. Tidak sedikit wanita yang nekat tetap menggunakan kosmetik yang mereka miliki walaupun telah lewat tanggal kadaluarsa, hal ini disebabkan oleh beberapa alas an seperti tidak adanya efek apapun yang mereka rasakan, menghemat pengeluaran, dan sebagainya. Kosmetik yang kadaluarsa bisa jadi kandungannya telah berubah menjadi bersifat toxic alias beracun.



Salah satu ciri makeup yang sudah kadaluarsa adalah dari bau dan warnanya yang sudah mulai berubah. Menggunakan makeup kadaluarsa dapat membahayakan kesehatan kulit, mulai dari gatal, iritasi, infeksi, hingga kanker kulit. Tidak ingin bakteri, kuman, ataupun reaksi kimia yang muncul pada makeup kadaluarsa tersebut tertempel di wajah cantik kamu, bukan? Apa yang terjadi jika memakai kosmetik kadaluarsa?

1.Alat tata rias yang dipakai pada mata semacam maskara, eyeliner maupun eyeshadow yang telah begitu lama dapat sebagai lokasi berkembang bakteri yang bisa mengakibatkan konjungtivitis yang mempunyai indikasi kemerahan, gatal serta bengkak pada mata.

2.Lipstik, lip balm maupun lip gloss yang telah terlalu lama bisa mengakibatkan bibir kering, iritasi serta yang paling gawat ialah kulit bisa melepuh.

3.Adapun kuas kotor yang dipakai bisa sebagai lokasi ideal bagi berkembang biaknya mikroorganisme yang bisa mengakibatkan herpes, kurap maupun impetigo yakni sakit menular yang menimbulkan kulit lecet-lecet.

4.Begitupun pada beberapa make-up wajah, dari bedak, foundation, blush on, maupun tata rias wajah lainnya yang telah terlalu lama bisa mengakibatkan gatal, kemerahan, serta kemerahan kulit. Jangan pikir remeh iritasi semacam itu, sebab sejumlah kejadian iritasi adalah indikasi awal kanker kulit.

Baca Juga:  Cara Agar Miss V Selalu Bersih, Sehat Dan Wangi

Tidak cuma tanggal kadaluarsa make-up, memakai alat tata rias yang kotor buat mengaplikasikan bermacam produk make-up pun bisa menyulut berkembang biaknya mikroorganisme berbahaya. Sebab itu, di samping melihat expired date make up, vital juga untuk mencuci alat-alat make up.
Expired date bisa dihitung mulai Anda kali pertama membuka produk. Berikut ini masa kadaluarsa item item kosmetik :

1.Jenis powder misal bedak dan eye shadow adalah 2 tahun

2.Cream shadows berkisar 12-18 bulan

3.Lipstik serta lip liner antara 1-2 tahun

4.Untuk make up brush bersihkan satu minggu sekali menggunakan deterjen

5.Make up spons ganti tiap-tiap minggu atau ganti saat spons telah kotor

6.Maskara berkisar 3-4 bulan

7.Eyeliner antara 3 bulan – 1 tahun terpulang dari perawatannya

Semoga bermanfaat yah Ladies!