Bahaya Memakai Behel Lepas Pasang Untuk Trend Saja

DokterSehat.Com – Meskipun cenderung mengalami penurunan popularitas, sebenarnya masih banyak anak muda yang memakai behel sebagai sebuah trend yang menarik. Dengan memakai behel, anak muda bisa menunjukkan senyum yang berbeda dan lebih mudah menarik perhatian. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa penggunaan behel bisa memberikan resiko kesehatan yang tinggi, khususnya jika kita memakai behel yang kurang baik. Behel ini kerap kali disebut sebagai behel lepas pasang.

doktersehat-kawat-gigi

Behel lepas pasang jelas memiliki harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan behel yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan. Behel ini bisa ditemui di klinik kecantikan atau klinik kesehatan gigi yang kurang menjaga kualitas pemasangan behel. Masalahnya adalah, behel ini bisa menyebabkan berbagai masalah, khususnya yang berkaitan dengan mulut dan gigi atau kesehatan pencernaan.

Pemasangan behel haruslah sesuai dengan rekomendasi dari dokter. Biasanya dokter meminta pasiennya untuk memakai behel karena struktur tatanan gigi yang sudah sangat berbahaya atau bahkan membahayakan sehingga behel dipakai untuk menata ulang tatanan tersebut agar menjadi lebih baik dan aman. Sayangnya, behel berkualitas rendah justru bisa membuat tatanan gigi menjadi semakin rusak karena gigi dipaksa untuk mengikuti tatanan behel yang tidak sesuai dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, gusi juga bisa mengalami iritasi karena bahan serta bentuk behel yang tidak sesuai dengan tatanan gigi. Behel juga bisa membuat masalah kesulitan memakan mengingat tatanan behel yang tidak sesuai sehingga mengunyah makanan pun menjadi hal yang sulit dilakukan. Hal ini berarti fungsi gigi pun menjadi lebih terganggu dan bahkan jika makanan bercampur dengan air liur dan bahan bekel yang kurang baik, campuran reaksi dari bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Baca Juga:  Tak Hanya Wortel, Makanan Ini Sangat Baik Bagi Kesehatan Mata

Andaipun kita ingin memakai behel, maka kita tentu harus meminta rekomendasi terbaik dari dokter ahli sehingga kita bisa menentukan behel mana yang sesuai dengan kebutuhan dan tatanan gigi kita. Meskipun harganya cenderung mahal, behel ini tentu bisa menjamin kesehatan gigi, mulut, hingga saluran pencernaan. Jangan mudah tergiur harga murah dari pemasangan behel yang tidak standar karena andai kita sakit karena penggunaan behel tentu akan membuat kita menghabiskan banyak uang untuk mengobatinya.