Bahaya Makanan Manis Bagi Tubuh

DokterSehat.Com– Penyebab utama orang terserang penyakit diabetes adalah karena orang tersebut tidak pernah memperhatikan terhadap jumlah gula yang dikonsumsi. Rasanya yang manis dapat meningkatkan mood seseorang untuk merasakannya lagi dan lagi. Bahayanya mengkonsumsi gula terlalu banyak sangat membahayakan tubuh.

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-craving

Untuk mengetahui jumlah kadar gula dalam darah kita harus melakukan cek kadar gula secara rutin dengan mengambil sample darah yang akan diteliti melalui uji Laboratorium. Penyakit Diabetes menjadi sorotan utama yang sangat menakutkan di era sekarang ini. Diabetes berarti tubuh tidak mampu untuk mengelola kadar gula dalam darah sehingga muncul berbagai macam komplikasi dari organ-organ tubuh.

Gula dapat menyebabkan diabetes tipe 2
Diabetes sebenarnya adalah penyakit yang muncul karena keturunan/gen, namun seiring dengan perkembangan jaman, penyakit diabetes ada dua tipe. Tipe 1 adalah penyakit diabetes yang disebabkan oleh gen, dan tipe 2 (yang semakin meningkat jumlah penderitanya) adalah diabetes yang disebabkan oleh lifestyle.

Menu yang diasup dan gaya hidup ini berpengaruh sangat besar terhadap munculnya penyakit diabetes. Terutama bila makan tidak teratur dan seringkali mengasup menu yang kaya gula, termasuk minum-minuman bersoda, minuman beralkoho, merokok, dan lain sebagainya.

Gula memicu kenaikan berat badan
Kebanyakan makanan manis mengandung kalori yang tinggi, ini yang menjadi penyebab kenaikan berat badan. Dengan mengkonsumsi gula secara terus menerus tanpa diimbangi olahraga, secara otomatis berat badan akan terus bertambah.

Gula tidak baik untuk gigi
Selain dapat memperngaruhi warna gigi, gula juga dapat memicu kerusakan serta gigi berlubang. American Dental Association (ADA) sendiri menganjurkan agar kita mengurangi menu manis dan rajin menyikat gigi tiga kalo sehari untuk membantu mencegah kerusakan pada gigi. Agar lebih maksimal lagi, berkumurlah dengan mouthwash dua kali sehari.