informasi kesehatan


Bahaya Makanan dan Minuman Berpengawet Bagi Ginjal

Bahaya Makanan dan Minuman Berpengawet Bagi Ginjal

DokterSehat.com – Berbagai organ tubuh bersinergi satu sama lain untuk membuah sebuah sistem kesehatan yang bagus bagi tubuh. Masing-masing organ tubuh memiliki peranan penting dalam tugasnya. Salah satu yang jarang diperhatikan namun ternyata memiliki fungsi yang sangat besar bagi tubuh adalah ginjal.

Ginjal memiliki fungi penting dalam melakukan penyaringan berbagai zat berbahaya dan membuang zat-zat berbahaya itu sekaligus dengan zat-zat sisa metabolism dalam darah, atau yang disebut dengan detoksifikasi. Namun fungsi ginjal yang lain juga tidak kalah pentingnya yakni sebagai penyeimbang cairan dan elektrolit dalam darah, memproduksi bentuk aktif dari vitamin D sehingga tubuh dapat melakukan penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan atau minuman yang membuat tulang dan gigi menjadi kuat.

Kurangnya pengetahuan akan fungsi ginjal ini membuat orang menjadi sangat minim kepeduliannya untuk menjaga kesehatan ginjalnya. Hal ini bisa dilihat dengan banyak sekali kalangan yang melakukan pola hidup yang salah, dari pola makan, kegiatan, hingga istirahat. Hal ini ternyata rentan memicu kerusakan pada ginjal. Bagi yang terus menerus tidak melakukan penjagaan kesehatan ini, tanpa memandang usia dan jenis kelamin, akan rentan mengalami gagal ginjal.

Ginjal yang baik akan menyaring zat yang dibutuhkan tubuh dan membuang zat lainnya sebagai sisa metabolism tubuh, namun jika ginjal telah mengalami kegagalan, zat-zat yang tidak dibutuhkan itu menumpuk dalam jantung dan menjadi racun yang akan mengganggu kesehatan tubuh.

Kerusakan Ginjal ini dipicu oleh beberapa sebab, namun yang paling sering terjadi karena adanya kesalahan dalam konsumsi makanan dan minuman tertentu. Ketidakpedulian manusia dalam mengkonusmi makanan yang mengandung pewarna dan pengawet buatan dalam periode yang berkelanjutan akan semakin memberatkan kinerja ginjal hingga dapat membuat kegagalan pada ginjal tersebut.

Ada baiknya kita mulai lagi mengatur pola hidup kita agar menjadi lebih sehat, dan mulai menghindari makanan atau minuman yang mengandung pewarna atau pengawet buatan agar ginjal kita senantiasa bekerja dengan normal dan tidak beresiko mengalami kegagalan.

pf button both Bahaya Makanan dan Minuman Berpengawet Bagi Ginjal
                     
               

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One Response to “Bahaya Makanan dan Minuman Berpengawet Bagi Ginjal”

  1. Prima Herbal says:

    wah memang yang makanan sekarang sangat mengerikan yaa coba product kami untuk mencegah penyakit ginjal >> Product Prima Herbal

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0