Bahaya Makan Hingga Kekenyangan

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengar saran yang diberikan oleh orang tua kita untuk tidak makan terlalu banyak hingga kekenyangan. Sayangnya, kadangkala kita sangat menyukai suatu makanan sehingga tidak akan ragu untuk menambah porsi makanan untuk menikmatinya. Yang terjadi setelahnya adalah tentu saja perut kita akan merasa tidak nyaman karena dipenuhi banyak makanan. Secara medis sendiri, ternyata makan hingga kekenyangan juga akan sangat tidak baik. Apa sajakah efek buruk jika kita terlalu banyak makan?

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Seringkali kita akan mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak atau kadar gula yang tinggi terlalu banyak karena rasanya yang sangat enak. Banyaknya konsumsi makanan ini akan membuat tubuh akan mengalami kenaikan energi namun juga akan cepat mengalami penurunan energi dengan cepat sehingga tubuh pun akan cenderung lebih lesu, lamban, dan tidak bergairah. Perut pun akan cenderung tidak nyaman karena terasa begah dan kembung.

Hal berikutnya yang akan terjadi jika kita makan terlalu kenyang tentu saja adalah resiko mendapatkan berat badan yang meningkat dengan tidak normal. Apalagi jika cenderung makan makanan yang kurang bergizi layaknya junk food yang cenderung sangat enak dan bisa membuat kita makan dengan sangat banyak. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2001 bahkan menunjukkan jika mereka yang makan hingga kekenyangan dan cenderung kurang melatih tubuhnya akan lebih mudah mendapatkan obesitas.

Pertambahan berat badan yang tidak sehat ini akan membuat masalah baru berupa menurunnya kepercayaan diri dan beberapa penyakit layaknya depresi, kecemasan, hingga gangguan seksual bagi mereka yang sudah menikah. Selain itu, obesitas juga kerap kali diiringi dengan masalah kesehatan lainnya layaknya kenaikan kadar kolesterol, kenaikan tekanan darah, penyakit diabetes tipe 2, hingga resiko terkena stroke dan penyakit jantung yang jauh meningkat.