Bahaya Langsung Duduk-Duduk Santai Setelah Berolahraga

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang langsung duduk-duduk santai setelah berolahraga karena menganggap jika hal ini termasuk dalam sesi pendinginan. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan otot.

doktersehat-cedera-olahraga-keseleo-kaki

Pakar kesehatan di bidang spesialis pencegahan cedera bernama Wis Letchford menyebutkan ada dampak buruk dari kebiasaan langsung duduk santai setelah berolahraga mengingat hal ini membuat tubuh tidak memiliki kesempatan untuk relaksasi setelah melakukan aktifitas fisik dengan berat. Memang, gejala yang akan kita rasakan hanya seperti pegal-pegal, namun, jika hal ini kerap dilakukan, dampaknya bisa sangat berbahaya bagi otot dalam jangka panjang.

Letchford menyebutkan bahwa otot sebenarnya memang didesain cukup tangguh untuk melakukan aktifitas fisik yang berat, namun, ketangguhan ini bisa semakin menurun jika kita tidak merawatnya dengan baik, salah satunya jika kita langsung duduk santai setelah berolahraga. Hal ini ternyata bisa membuat ketidakseimbangan otot, kram, dan kejang-kejang. Jika hal ini terus berlanjut, otot dan persendian pun akan lebih mudah terkena cedera.

Pakar olahraga Lauren Claire menyarankan semua orang untuk melakukan sesi pendinginan setelah berolahraga karena jika tidak melakukannya, tubuh menjadi lebih tegang dan membuat proses pemulihan berjalan lebih lambat. Otot juga akan mengalami penumpukan asam laktat yang membuatnya terasa lebih nyeri selama beberapa hari.

Tak perlu lama-lama, melakukan sesi pendinginan 5 hingga 10 menit sudah cukup untuk membantu pemulihan otot sekaligus mencegah cedera. Pendinginan ini bisa dilakukan dengan cara meregangkan bagian tubuh seperti kaki, lengan, punggung, atau bahu sembari berdiri. Setelahnya, barulah kita bisa duduk-duduk dengan santai.