Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Air Lemon

doktersehat-bahaya-minum-lemon
Photo Credit: Flickr.com/Rob Bertholf

DokterSehat.Com– Apakah Anda termasuk sering mengonsumsi air lemon? Air lemon memang dipercaya memiliki banyak khasiat, tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan kulit. Akan tetapi meskipun sudah terbukti bermanfaat, terlalu banyak mengonsumsi air lemon bisa berbahaya lho.

Lemon merupakan salah satu jenis buah dengan rasa yang cukup asam. Hal ini bisa memberikan manfaat, namun bisa pula merugikan utamanya jika konsumsinya berlebihan.

Ada dua kondisi yang yang bisa muncul jika kita terlalu banyak mengonsumsi air lemon yaitu:

1. Gangguan pencernaan

Tentu tidak jarang kan kita mendengar bahwa air lemon kerap dianjurkan diminum pada pagi hari. Hal ini disebut baik untuk tubuh, mulai dari detoks hingga melangsingkan tubuh. Padahal konsumsi air lemon di pagi hari justru tidak dianjurkan lho.

Seperti yang kita ketahui, lemon memiliki rasa dan sifat bahan makanan yang sangat asam. Hal ini ternyata bisa sangat berpengaruh untuk pencernaan utamanya lambung.

Mengonsumsi lemon pada pagi hari, saat perut masih kosong akan menyebabkan asam lambung diproduksi berlebih. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pada perut, apalagi jika Anda telah memiliki risiko gangguan lambung, misalnya maag, sebelumnya.

2. Terkikisnya gigi

Kandungan asam pada lemon juga ternyata bisa merusak gigi. Hal ini tentu terjadi jika air lemon dikonsumsi berlebihan. British Dental Foundation menyebutkan bahwa kadar keasaman atau pH lemon yang sangat rendah, yaitu dibawah 3, menjadi penyebab utama terjadinya terkikisnya bagian enamel gigi.

Lalu, bagaimana cara mencegah hal tersebut?

Untuk mengatasi dua hal di atas, selalu atur waktu minum air lemon dan batasi porsinya.

Usahakan mengonsumsi air lemon setelah perut terisi makanan sebelumnya. Agar porsi lemon terkontrol, batasi konsumsi maksimal satu butir lemon ukuran sedang, setara 60-70 gram, dalam satu hari.

Selain itu variasikanlah konsumsi buah Anda. Pilihlah lemon sebagai variasi buah untuk konsumsi sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu agar asupannya tidak berlebihan, ya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik