bahaya kesehatan terlalu sering berada di ruangan ber-AC

DokterSehat.Com – Berada di ruangan ber-AC adalah hal yang saat ini sulit untuk terpisahkan di dalam hidup Anda. Mulai dari sekolah, kantor, pusat perbelanjaan, hingga rumah semuanya menggunakan AC untuk menyejukkan udara.

9

Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut dapat membahayakan kesehatan Anda? Inilah bahaya yang tersimpan jika Anda sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC seperti dilansir dari boldsky.com.

  1. Mudah lelah
    Salah satu efek kesehatan dari terlalu sering berada di ruangan ber-AC adalah mudah lelah. Hal ini terjadi karena Anda kurang menghirup udara yang segar. Kelelahan yang berkepanjangan bisa menyebabkan mual, sakit kepala, gangguan saraf, bahkan depresi.
  1. Sulit bernapas
    Kesulitan bernapas adalah gangguan kesehatan yang paling sering terjadi saat terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Sebab banyak pendingin udara yang mengandung zat kimia seperti p-dichlorobenzene dan formaldehida yang memicu penyakit pernapasan.
  1. Masalah reproduksi
    Selain bahan kimia di atas, AC juga mengandung phthalates yang merupakan senyawa asam phtalic. Bahan ini jika bersinggungan dengan tubuh Anda terlalu lama maka dapat menyebabkan masalah reproduksi.
  1. Meningkatkan resiko kehamilan
    Ibu hamil yang terlalu sering berada di ruangan ber-AC bisa mengalami gangguan kehamilan. Hal ini disebabkan karena adanya phthalates yang dapat menyebabkan cacat lahir.
  1. Ketidak seimbangan hormone
    Masalah hormonal juga sering terjadi ketika Anda berada di ruangan ber-AC. Lagi-lagi karena hal ini disebabkan oleh kandungan bahan kimia phthalates yang menjadi komponen utama pembuat AC.

Bagi anda yang sering berada di ruangan ber-AC, ada beberapa tips untuk menghindari dampak-dampak buruk yang telah dijelaskan sebelumnya, diantaranya adalah :

  1. Habiskan jam makan siang di keluar
    Ketika bekerja di kantor dengan ruangan ber-AC, keluarlah saat jam makan siang tiba untuk mendapatkan udara segar. Jangan habiskan jam makan siang anda di ruangan. Untuk kondisi di rumah, bukalah jendela kamar dan pintu agar sinar matahari dapat masuk.
  1. Atur suhu AC
    Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat mempengaruhi sendi. Oleh sebab itu pastikan suhu AC ruangan diatur agar tubuh tidak kaget akibat perubahan suhu yang berubah secara tiba-tiba dan berbeda dari lingkungan luar yang panas.
  1. Memakai pakaian hangat
    Pakailah pakaian yang dapat menghangatkan tubuh ketika berada di ruangan ber-AC seperti jaket atau pakaian lengan panjang dengan bahan yang cukup tebal. Apabila anda di ruangan terbuka, lepaskanlah pakaian hangat tersebut.
  1. Minum air putih yang cukup
    Minumlah air putih yang cukup sekalipun anda berada di ruangan ber-AC agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jangan tunggu hingga rasa haus datang.