Bahaya Kesehatan Bayi Jika Terlalu Sering Memakai Diapers

DokterSehat.Com – Diapers adalah salah satu peralatan bayi yang dianggap sangat membantu ibu, khususnya di musim hujan. Bagaimana tidak, jika bayi masih memakai popok yang bisa dengan mudah kotor jika bayi buang air kecil atau buang air besar sewaktu-waktu, popok tersebut tentu akan membuat tumpukan cucian yang tidak akan mudah kering jika dijemur di musim hujan. Adanya diapers yang setidaknya bisa menampung air kecil bayi hingga beberapa waktu tentu akan membuat penggunaan popok menjadi lebih sedikit sehingga ibu pun tidak perlu cemas bayi akan kehabisan popok atau pakaian.

shutterstock_236645896 copy

Sayangnya, dibalik kepraktisan yang ditawarkan oleh penggunaan diapers, ternyata banyak sekali efek kesehatan negatifnya. Permukaan diapers yang cenderung lebih kasar jika dibandingkan dengan popok biasa dan adanya kemungkinan menumpuknya air seni atau kotoran pada diapers yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi tentu akan berpengaruh langsung pada permukaan kulit bayi. Kulit bayi bisa mengalami masalah kulit kemerahan jika bayi memakai diapers terlalu sering. Kulit kemerahan ini adalah tanda dimana jika kita masih memakaikan diapers pada bayi, bayi justru bisa mengalami gatal-gatal, lecet-lecet, hingga infeksi yang bisa membuat bayi menjadi rewel setiap saat.

Kulit bayi yang terkena infeksi juga bisa memicu alergi pada kulit bayi. Kita harus ingat jika kulit bayi sangatlah halus, lebih halus dari kulit kita meskipun kita telah melakukan banyak perawatan kulit dengan maksimal. Penggunaan diapers yang bisa memicu gesekkan dengan permukaan diapers yang kasar bisa membuat masalah layaknya iritasi, alergi, atau bahkan ruam pada bokong atau selangkangan bayi. Ruam-ruam pada bayi bisa memicu lecetnya kulit yang perih sehingga bisa memicu tangisan bayi.

Baca Juga:  Wanita Ini Terkena Alergi Dingin yang Ekstrim

Diapers yang sudah menampung air seni bayi terlalu lama ternyata bisa terasa basah dan jika tidak segera dilepas, maka kulit bayi bisa terinfeksi dengan jamur. Sebagaimana kita ketahui, jamur sangat menyukai kelembaban dan diapers yang terlalu banyak menampung air seni tentu akan sangat lembab. Selain resiko terkena jamur, saluran kemih pada bayi juga bisa terkena infeksi karena banyaknya kuman yang berasal dari air seni yang tersimpan lama pada diaper.