Bahaya Kesehatan Bagi Anak Yang Mendapatkan Vaksin Palsu

DokterSehat.Com – Belakangan ini, berita tentang beredarnya vaksin palsu yang ditemukan di beberapa Rumah Sakit di tanah air begitu menggemparkan dunia kesehatan Indonesia. Adanya kasus ini pun akhirnya membuat banyak orang tua menjadi resah dan berpikir ulang untuk memberikan vaksinasi bagi buah hatinya. Sebenarnya, apakah vaksin palsu ini bisa memberikan dampak kesehatan yang negatif bagi anak? Pakar kesehatan dr. Dirga Sakti Rambe memberikan penjelasan mengenai hal ini.

doktersehat-anak-kecil-hujan-main-playing-flu

Menurut dr. Dirga, vaksin palsu jelas akan sangat berbahaya jika diberikan pada anak. Beliau berkata jika anak bahkan beresiko besar terkena infeksi akibat vaksin palsu ini. Bagaimana tidak, vaksin palsu tentu tidak dibuat dengan standar kesehatan dan prosedur yang sesuai, dan dikhawatirkan sama sekali tidak steril. Hal ini berarti, jika vaksin diberikan kepada anak, anak beresiko besar mendapatkan vaksin yang memiliki kandungan bakteri dan kuman sehingga anak pun bisa terkena infeksi.

Dr. Dirga melanjutkan jika akhirnya sang buah hati terkena infeksi, maka Ia pun akan cenderung langsung terserang demam tinggi, terkena masalah sesak nafas, meningkatnya denyut nadi, dan semakin sulitnya anak untuk makan. Memang, beberapa jenis vaksin yang asli jika diberikan pada anak bisa membuat anak mengalami demam. Namun, demam ini adalah reaksi normal dan akan segera pulih dengan sendirinya. Hal yang berbeda akan terjadi pada vaksin palsu dimana jika tidak ditangani dengan benar, demam bisa berlanjut menjadi hal yang sangat parah.

Selain itu, jika anak mendapatkan vaksin palsu, maka tentu tidak akan ada faedah kesehatan sama sekali yang didapatkan oleh anak. Sistem kekebalan tubuhnya tetap tidak akan mampu melawan beberapa jenis penyakit yang seharusnya bisa dilawan jika kita memakai vaksin yang asli. Dengan adanya fakta-fakta ini, Kementerian Kesehatan RI dan juga POLRI sedang melakukan invenstigasi lebih lanjut tentang bahan apa saja yang dipakai pada vaksin palsu ini agar semua masyarakat bisa lebih mewaspadai akan vaksin palsu yang sangat meresahkan ini.