Awas, Inilah Dampak Buruk dari Bekerja di Malam Hari

doktersehat-begadang

DokterSehat.Com– Bekerja merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh orang dewasa. Dengan bekerja, mereka akan mendapatkan upah berupa uang yang nantinya akan digunakan sebagai alat tukar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Biasanya, sebuah perusahaan atau tempat kerja memiliki jam kerja dari pagi hingga sore. Namun, ada juga yang memiliki jam kerja mulai dari malam hingga pagi.

Sebenarnya, jam kerja yang paling efektif adalah mulai dari pagi hingga sore. Sebab, waktu tersebut adalah waktu yang ideal untuk beraktivitas, lalu di malam hari bisa beristirahat. Namun, jika bekerja yang dimulai pada malam hingga pagi hari, maka akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apa saja dampak buruk tersebut? Berikut diantaranya:

1. Obesitas dan Diabetes

Bekerja di malam hari akan membuat Anda terserang dua jenis penyakit berbahaya, yakni obesitas dan diabetes. Hal ini dikarenakan, bekerja di malam hari akan membuat Anda memiliki keinginan untuk makan malam atau hanya sekedar menyantap makanan ringan atau ngemil. Seperti yang Anda tahu bahwa makan malam dapat menimbun lemak di dalam tubuh. Selain itu, obesitas dan diabetes juga disebabkan oleh pergeseran jam tidur yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

2. Kanker

Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya yang telah merenggut banyak nyawa. Kanker bisa menyerang siapa saja yang memiliki kebiasaan hidup tak sehat, apalagi jika Anda adalah orang yang suka bekerja di malam hari, terutama bagi pekerja wanita. Mereka memiliki risiko terkena kanker payudara lebih besar. Selain itu, bekerja malam hari juga akan kekurangan vitamin D yang menyebabkan kanker lainnya  yakni kanker usus.

3. Depresi

Tahukah Anda, selain bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik, bekerja di malam hari juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bekerja di malam hari bisa meningkatkan gangguan suasana hati dan depresi. Akhirnya, pola makan menjadi tidak baik yang bisa mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan, mulai dari gangguan lambung, usus, hingga pencernaan.